penerapan Etika Bisnis Islam dalam transaksi jual beli beras di pasar Parakan Muncang Sumedang

Putri, Aisyah Kartika (2023) penerapan Etika Bisnis Islam dalam transaksi jual beli beras di pasar Parakan Muncang Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustraka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Pasar tradisional memiliki peran yang cukup sangat penting dalam berkegiatan jua beli atau sering di sebut dengan kegiatan berbisnis, oleh semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi pelaku bisnis bisa menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Etika Bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis norma yang sesuai dengan nilai-nilai islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran, sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar nilai etik, moral, susila, dan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai (1) Bagaimana Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Transaksi Jual Beli Beras Di Pasar Parakan Muncang (2) Bagaimana pengaruh etika bsinis Islam terhadap transaksi jual beli beras di pasar Parakan Muncang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan format deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data yang di gunakan adalah data primer yaitu bentuk dari observasi adn wawancara dan dokumentasi, lalau ada data skunder yang berbentuk data yang di peroleh dari artikel maupun jurnal. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Penerapan etika bisnis Islam dalan transaksi jual beli beras di pasar parakan muncang dilakukan dengan menerapkan sesuai prinsip prinsip dasar etika bisnis Islam yang acuannya di kemukakan oleh Imaddudin. (2) Pengaruh yang terjadi adalah adanya kesadaran berlaku baik dalam individu tiap pedagang dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan, menciptakan lingkungan bisnis yang positif, dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan hingga kepada lingkungan sekitar. Penerapan Etika Bisnis Islam dalam transaksi jual beli beras di pasar parakan muncang ini sebagian besar sudah di terapkan pada pedagang maupun pembeli sehingga menimbulkan pengaruh yang cukup baik, baik itu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, atau pun menerapkan etika bisnis islam dalam berbisnis. ENGLISH: Traditional markets have a very important role in buying and selling activities or often referred to as business activities, due to the development of the times which are marked by increasingly rapid economic development, giving rise to increasingly high business competition. With such high competition, business people can use any means to get profits, even business people often ignore ethics in running their business. Islamic Business Ethics is morals in carrying out business norms in accordance with Islamic values, so that in carrying out business there is no need to worry, because it is believed to be something good and true ethical, moral, ethical and moral values. The purpose of this study was to find out about (1) How the application of Islamic business ethics in rice buying and selling transactions at the Parakan Muncang market (2) How does Islamic business ethics affect rice buying and selling transactions at the Parakan market spout. This study uses a qualitative research method with a descriptive format. The data collection method used in this thesis is through interviews, observation and documentation. The data used is primary data, namely in the form of observations and interviews and documentation, then there is secondary data in the form of data obtained from articles and journals. The results of this study are (1) The application of Islamic business ethics in rice buying and selling transactions at the Parakan Muncang market is carried out by applying the basic principles of Islamic business ethics as referenced by Imaddudin. (2) The effect that occurs is the awareness of good behavior in each individual trader in building mutually beneficial relationships, creating a positive business environment, and supporting sustainable business growth to the surrounding environment. Most of the application of Islamic Business Ethics in rice buying and selling transactions at the Parakan Muncang market has been applied to traders and buyers so that it has a fairly good effect, both in increasing customer confidence, or in applying Islamic business ethics in doing business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etika; Bisnis Islam; Jual Beli
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: aisyah kartika putri
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:57
Last Modified: 06 Sep 2023 05:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75343

Actions (login required)

View Item View Item