Putra, Satria Nandha (2022) Pesan sosial dalam foto Jurnalistik : Analisis semiotika terhadap foto cerita Jurnalistik "Harmoni di Pasar Mambunibuni” tanggal 5 Juni 2022 di media Online Kompas.id. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (821kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang guna memperlihatkan pesan sosial yang diterapkan dalam foto jurnalistik. Selain itu, karena keberadaan foto jurnalistik dalam media massa berperan dalam menggambarkan sebuah fenomena atau peristiwa yang terjadi agar lebih nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan sosial pada foto cerita jurnalistik Harmoni di Pasar Mambunibuni pada media online kompas.id tanggal 5 Juni 2022 ditinjau dari makna denotasi, konotasi dan makna mitos. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes. Teori ini menggunakan konsep yang dikembangkan yang digunakan Barthes karena relevan dengan melihat semiotik dari segi denotasi, konotasi, mitologi dan ideologi. Barthes angat memperhatikan mengenai hubungan antara posisi teks dan signifaksi yang dihasilkan. Seperti yang diketahui foto berita biasanya disertai dengan teks berupa capton, headline, artikel atau gabungan antara ketiganya. Sehingga caption tersebut digunakan sebagai penjelas yang digunakan untuk mengulang makna denotasi yang terkandung dalam foto. Metode penelitian yang digunakan ialah teknik analisis semiotika, yaitu guna menginterpretasikangsegala bentukftanda yangdterkandung di dalamcsebuah gambar, makna-maknacbaik yangxdapat terlihatdlangsung maupunsyang tersirat dapatsdiungkapkan dan dipaparkan. Paradigmadyang digunakan ialah konstruktivismewyaitu sebuahemenggunakan penafsiran Penelitianjini juga menggunakanwpendekatan kualitatifqdengan jenisrdeskriptif yangsdugunakan untukhmenjelaskan sebuahvfenomena secaradmendalam. Penelitiansini tidak mengutamakanebesarnya populasifatau samplingjbahkan populasi dan samplingnyadsangat terbatasedan tidak dijabarkan menggunakan angka, melainkan menggunakan teks. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Foto Cerita Jurnalistik “Harmoni di Pasar Mambunibuni” Tanggal 5 Juni 2022 di Media Online Kompas.Id memiliki pesan sosial dengan karakternya tersendiri. Hal tersebut terlihat dari makna denotasi ini menceritakan Aktivitas Pasar Mambunibuni yang menjadi tempat bertemunya masyarakat gunung dengan masyarakat pesisir (pantai). Lalu dari makna konotasi tidak ada trick effect dari 13 foto yang menceritakan tentang Pasar Mambunibuni. Dan dari makna mitos tidak adanya patokan mengenai kualitas dan kuantitas barang yang dibarter
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Sosial; Foto Jurnalistik; Semiotika; Media Online; Kompas.id |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | satria nandha putra |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 07:42 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75520 |
Actions (login required)
View Item |