Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa SMPN 20 Bandung

Dewi, Putri Sofia (2023) Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa SMPN 20 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover 2.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)

Abstract

Layanan bimbingan konseling sangat di butuhkan untuk meningkatkan dan mendirikan potensi siwa, di sekolah Layanan bimbingan dan konseling pada umumnya adalah layanan yang universal. Arahan dan bantuan bimbingan sangat penting bagi setiap siswa untuk menjalani kehidupan yang disiplin sehingga mereka dapat memilih tindakan yang tepat dan bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang mereka pilih. Sangat penting bahwa sekolah menyiapkan tenaga kerja yang dapat membantu siswanya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Diharapkan dengan adanya penelitian ini bisa membantu dan memberi kontribusi secara akademis kepada Mahasiswa jurusan Bimbingan konseling islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran atau lukisan secara sistematis, factual serta akurat mengenai fakta-fakta, serta hubungan fenomena yang diselidiki di tempat penelitian. Adapun dalam Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa Teknik yang bisa dipergunakan dalam penelitian untuk memperoleh data atau informasi secara nyata serta mendalam mengenai aspek-aspek yang penting. Oleh karna itu Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: Teknik observasi, Teknik wawancara, Teknik komunikasi. Teori yang di gunakan yaitu teori menurut Tohirin (2009:26) bimbingan ialah suatu proses bantuan atau pertolongan yang diberikan seorang pembimbing kepada seorang individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara dua pihak sehingga konseli memiliki kemampuan atau keterampilan untuk melihat mengenali, mendeteksi masalah dan mampu memecahkan masalah mereka sendiri.   Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan disiplin siswa adalah guru bimbingan konseling berperan penting dalam meningkatkan disiplin siswa dimana guru bimbingan konseling dapat meningkatkan disiplin siswa dengan cara konseling individua tau konseling kelompok yang dilakukan pada saat menangani siswa, dan guru bimbingan konseling tidak langsung memberi hukuman terhadap siswa tetapi guru bimbingan konseling terlebih dahulu menasehati dan membimbing siswa agar bersikap disiplin. Dengan seperti itu siswa siswi disekolah merasa nyaman dan memberikan respon positif terhadap guru bimbingan konseling. Kata kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Bimbingan Konseling, Disiplin Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Bimbingan Konseling; Disiplin Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Putru Sofia Dewi
Date Deposited: 10 Sep 2023 07:47
Last Modified: 11 Sep 2023 05:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76741

Actions (login required)

View Item View Item