Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank BUMN Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Almira, Nulla (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank BUMN Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan merupakan salah satu sektor keuangan yang penting bagi perekonomian Indonesia karena dalam sektor keuangan memiliki fungsi memobilisasi dana, memberikan pembiayaan, menyediakan layanan keuangan dan menjaga stabilitas keuangan. Sehingga, Efisiensi dan kinerja dari bank perlu diperhatikan lebih lanjut dengan memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi Return On Assets. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Assets (ROA) baik secara parsial maupun simultan pada objek Bank BUMN Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan model Fixed Effect, uji hipotesis secara parsial (Uji t), uji signifikansi simultan (Uji F) dan Uji koefisien determinasi dengan tingkat signifikansi 0.05. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Loan to Deposit Ratio (LDR) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Sedangkan, Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Selain itu, hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Model regresi dalam penelitian ini memiliki nilai R2 sebesar 0.959624, yang menunjukkan bahwa sekitar 96% variasi Return On Assets (ROA) dapat dijelaskan oleh variabel independen yang diteliti. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dengan Return On Assets (ROA) pada Bank BUMN Konvensional. Namun, sekitar 4% variasi Return On Assets (ROA) dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR; Loan to Deposit Ratio (LDR); Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO); dan Return On Assets (ROA)
Subjects: Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nulla Almira
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:51
Last Modified: 11 Sep 2023 08:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76859

Actions (login required)

View Item View Item