Gunawan, Peri (2023) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Lemahnya motivasi belajar siswa di SMK Pasundan Subang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu alasan peneliti melakukan penelitian ini. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang sering terlambat masuk ke dalam kelas padahal materi pelajaran sudah dimulai, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru. Sehingga menyebabkan pada capaian hasil belajar siswa yang rata-rata belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu dibawah nilai 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group resume pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Pasundan Subang, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group resume terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMK Pasundan Subang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Model pembelajaran kooperatif tipe group resume merupakan model belajar dengan cara membagi kelompok siswa yang terdiri dari 4-6 orang, dimana siswa diberi tugas untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah berupa mencari bahan sub materi yang kemudian di resume (ringkas) dan dipresentasikan di depan kelompok yang lain. Model belajar ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terutama pada aspek kognitif (pengetahuan). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group resume terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment yang menggunakan desain non equivalent pretest-posttest group design. Adapun populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X SMK Pasundan Subang dengan sampel penelitian kelas X MPLB berjumlah 16 orang dan kelas X AKL berjumlah 18 orang. Metode pengumpulan data melibatkan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melibatkan analisis deskriptif, analisis perangkat tes, analisis prasyarat, serta uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group resume memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini terkonfirmasi oleh hasil uji Paired Samples Test pada aspek motivasi belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dan hasil uji non parametrik Wilcoxon pada pencapaian belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group resume dengan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pasundan Subang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume; Motivasi; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Peri Gunawan S2 PAI C Non Reguler |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 01:46 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77135 |
Actions (login required)
View Item |