Pengaruh model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Gallery Walk terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mengenal Rasul Allah: Penelitian kuasi eksperimen di kelas 5 SDN 161 Sukapura Bandung

Fauzan, Farhan Ahmad (2023) Pengaruh model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Gallery Walk terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mengenal Rasul Allah: Penelitian kuasi eksperimen di kelas 5 SDN 161 Sukapura Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan pada pelajaran PAI di SDN 161 Sukapura adalah diskusi. Pembelajaran model diskusi yang digunakan sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan pedoman RPP yang didasarkan pada langkah-langkah pembelajaran. Namun, masih terlihat beberapa siswa belum dapat memenuhi keaktifan dan hasil belajar yang baik. Seiring dengan berkembangnya pendidikan, bermunculan berbagai model unggulan dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, salah satunya gallery walk. Dengan demikian, peneliti mencoba membandingkan dengan model pembelajaran gallery walk untuk mencari alternatif pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan unluk menganalisa; 1) proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk pada mata pelajaran PAI materi Mengenal Rasul Allah 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap keaktifan belajar siswa; 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa; 4) perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini didasarkan dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa gallery walk memberikan kesempatan penuh kepada semua siswa untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan keaktifan mereka. Tujuan dari model ini adalah untuk dapat aktif berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, baik berhubungan dengan kehadiran, kebebasan berekspresi maupun dalam berdiskusi menemukan hal dan pengalaman baru sehingga akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 161 Sukapura. Sampel yang digunakannya kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VD sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan; 1) proses penerapan model pembelajaran diskusi dan kooperatif tipe gallery walk dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa selama proses pembelajaran dengan interval nilai 73% yang berada pada kriteria baik, sedangkan pembelajaran diskusi memiliki interval 67%; 3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai rata-rata pre test 56,2 sedangkan post test sebesar 69,4, uji hipotesisnya yaitu 0,009 < 0,05, artinya bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk; 4) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan nilai 69,4 sedangkan kelas kontrol dengan nilai 57,8, hasil uji hipotesisnya yaitu 0,049 < 0,05, artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: gallery walk; keaktifan siswa; hasil belajar
Subjects: Education, Research
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Ahmad Fauzan
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:58
Last Modified: 15 Sep 2023 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77362

Actions (login required)

View Item View Item