Azizatunnida, Aisyah (2023) Strategi komunikasi persuasif Majelis Taklim Khoirunnisa dalam menarik minat warga melalui kegiatan Khitobah Ta'tsiriyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Majelis Taklim Khoirunnisa hadir karena kurangnya pengetahuan warga terhadap ilmu agama dan dalam menjalankan ajaran-ajaran islam. Hadirnya wabah Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan rutin khitobah ta’tsiriyah di majelis taklim terutama terhadap jumlah dan minat warga. Seiring dengan berjalannya waktu Majelis Taklim Khoirunnisa berhasil menarik kembali warga untuk hadir, ditandai dengan bertambahnya jumlah warga yang hadir. Penulis menduga bahwa kembalinya warga untuk hadir pada kegiatan rutin khitobah ta’tsiriyah Majelis Taklim Khoirunnisa karena adanya strategi komunikasi yang digunakan Majelis Taklim Khoirunnisa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif dalam menarik minat warga pada Majelis Taklim Khoirunnisa melalui kegiatan rutin khitobah ta’tsiriyah. Dengan dirumuskan dalam pertanyaan bagaimana psychodynamic strategy Majelis Taklim Khoirunnisa dalam menarik minat warga melalui kegiatan khitobah ta’tsiriyah, bagaimana sociocultural strategy Majelis Taklim Khoirunnisa dalam menarik minat warga melalui kegiatan khitobah ta’tsiriyah dan bagaimana meaning costruction strategy Majelis Taklim Khoirunnisa dalam menarik minat warga melalui kegiatan khitobah ta’tsiriyah. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tentang strategi komunikasi persuasif Melvin L. DefLeur dan Sandra J. Ball-Roceach. Teori ini menjelaskan tiga pendekatan dalam komunikasi persuasive, yakni psychodynamic strategy, sociocultural strategy dan meaning costruction strategy. Metode dan pendekatan yang dilakukan peneliti adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam psychodynamic strategy yang melibatkan emosional dan faktor kognitif dalam mempersuasif dengan penyebaran poster dan menyampaikan isi pesan, kemudian sociocultural strategy dengan faktor lingkungan berupa adab dan ajakan dari hubungan pertemanan yang terjalin antara pengurus dan warga untuk berdakwah. Dan meaning costruction strategy fokus kepada pemberian pemahaman kepada warga dengan memanipulasi pengertian terhadap suatu makna tanpa mengurangi arti dari pengertian yang sebenarnya bertujuan untuk menyederhanakan dalam menyampaikan pesan persuasifnya. Implikasi yang diberikan beirdampak poisitif dan mampu meimbeirikan peingaruh yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; komunikasi; pesuasif; majelis taklim; khitobah ta’tsiriyah |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Aisyah Azizatunnida |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 06:10 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 06:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77474 |
Actions (login required)
View Item |