Penggunaan Bahan Pengayaan Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Pengolahan Batu Kapur Di Jampangtengah Pada Peserta Didik Sman 1 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi

Maulida, Elita (2017) Penggunaan Bahan Pengayaan Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Pengolahan Batu Kapur Di Jampangtengah Pada Peserta Didik Sman 1 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan literasi sains peserta didik pada pengolahan batu kapur Jampangtengah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik adalah dengan diberikan bahan pengayaan mata pelajaran fisika. Hasil penilaian tiga orang validator menunjukkan bahwa bahan pengayaan yang di susun layak sebagai instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan pengayaan dan peningkatan kemampuan literasi peserta didik pada pengolahan batu kapur Jampangtengah. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA yang dipilih dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi pengolahan batu kapur uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji wilcoxon terhadap nilai N-Gain yang di normalisasi dari dari nilai tes awal dan tes akhir peserta didik menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi peserta didik meningkat setelah diberikan bahan pengayaan. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Ztabel sebesar 1.64 sedangkan Zhitung 4.80 yang berarti H0 ditolak dan Ha di terima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan pengayaan mata pelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada materi pengolahan batu kapur Jampangtengah,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Pengayaan ,Pelajaran Fisika,Meningkatkan Kemampuan Literasi
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:45
Last Modified: 06 Dec 2023 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77697

Actions (login required)

View Item View Item