Sudarto, Riefky Khalfiansyah (2023) Efektivitas Bus Transjakarta sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Provinsi DKI Jakarta : Studi kasus PT. Transportasi Jakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan jumlah penduduk dan meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi akan mengakibatkan mobilitas yang sangat tinggi dan berdampak pada kemacetan lalu lintas di Kota DKI Jakarta. Bus transjakarta ini dirancang oleh PT.Transportasi Jakarta sebagai angkutan umum massal yang bersifat pendukung dalam melakukan aktivitas masyarakat Kota DKI Jakarta yang sangat padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai efektif atau tidaknya penggunaan bus transjakarta sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Provinsi DKI Jakarta yang diukur pada Pencapaian tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas organisasi menurut Duncan dalam (Steers, 2020:15) tiga hal yang dapat menjadi ukuran efektivitas organisasi yang wajib dilakukan guna mencapai target yang telah ditetapkan, yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara kepada informan kunci, informan utama, dan informan pendukung, serta dilengkapi melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data dari penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bus transjakarta sebagai angkutan umum massal dalam mengatasi kemacetan di Provinsi DKI Jakarta belum efektif walaupun memiliki jalur tersendiri. Masih banyak kendaraan pribadi yang menggunakan akses jalur transjakarta, sehingga kemacetan di Kota DKI Jakarta masih sering terjadi dengan hal tersebut. Tetapi hal ini bus transjakarta sudah terealisasi pada sistem integrasi yang bekerja sama dengan angkutan publik lainnya. Dengan sistem penerapan integrasi ini sebagai penghubung daerah yang belum terjangkau oleh bus transjakarta sebagai angkutan umum massal di Provinsi DKI Jakarta dengan bertujuan memudahkan pengguna angkutan publik bisa sampai tujuan tepat waktu. Pada pengoperasionalan bus transjakarta juga sudah didukung dengan adanya kemampuan pada pelayanan pegawai dan sarana prasarana yang diterapkan oleh PT. Transportasi Jakarta. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Bus Transjakarta Sebagai Angkutan Umum Massal dalam Mengatasi Kemacetan Di Provinsi DKI Jakarta (Studi Kasus PT. Transportasi Jakarta) ini belum efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas; Pelayanan Publik; Kemacetan; Angkutan Umum Massal |
Subjects: | Political dan Government Science Public Administration Ground Transportation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Riefky Khalfiansyah Sudarto Sudarto |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:01 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78188 |
Actions (login required)
View Item |