Maulana, Ridwan (2023) Manajemen pelatihan dakwah santri dalam menyiapkan kader da’i: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Maruful Hidayah Desa Cigedug Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Manajemen pelatihan dakwah sebuah proses merencanakaan pelatihan dakwah, pengorganisasian pelatihan dakwah, pelaksankan atau menggerakan pelatihan dakwah, mengawasi dan mengevaluasi pelatihan dakwah. Pelatihan dakwah bisa di selenggarakan oleh berbagai instansi, yayasan, atau organisasi. Pondok pesantren Ma’ruful Hidayah salah satu pondok yang memiliki kader da’i cukup banyak. Sekitar 324 calon kader da’i tersebut mengikuti pelatihan yang sudah disiapkan oleh pondok pesantren. Banyaknya santri/peserta pelatihan dakwah ini menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi minat penulis untuk melakukan penelitian terhadap bagaimana manajemen pelatihan dakwah santri dalam menyiapkan kader da’i di pondok pesantren Ma’ruful Hidayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan dakwah santri di pondok pesantren Ma’ruful Hidayah baik pada aspek perencanaannya (planning), pengorganisasiannya (organizing), pelaksanaannya (actuating), pengawasanya (controlling), dan juga pada evaluasinya (evaluating) dalam menyiapkan kader da’i. Teori penelitian ini merujuk pada teori manajemen yang di sampaikan oleh G.R. Terry (2021), yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, pengawasan dan pengevaluasian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan. Teknik analisis data adalah keseluruhan proses mencari data, lalu membuat sintesa disusun kedalam pola, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses perencanaan yaitu, merumuskan tujuan, mengidentifikasi kebutuhan, menentukan materi, menyusun kurikulum, dan menentukan waktu dan jadwal. (2) Proses pengorganisasian yaitu, mengorganisasi kebutuhan, pembagian kerja, dan membentuk kepanitian. (3) Proses pelaksanaan yaitu, mencermati materi, mencermati peserta, mencermati metode, menciptakan suasana belajar, membangun pelatihan dakwah efektif. (4) Proses pengawasan yaitu, pengawasan efektif dan tindakan korektif dalam pengawasan. (5) Proses yaitu, evaluasi persiapan dan evaluasi pelaksanaan. Tiga peran ini untuk menyiapkan kader da’i pondok pesantren Ma’ruful Hidayah. Implikasi penelitian: Secara akademis, bermanfaat bagi pengembangan ilmu manajemen pelatihan dakwah. Secara praktis, bagi pondok pesantren menjadi bahan dalam mencetak kader da’i. Secara sosial, bagi masyarakat solusi dalam mencetak kader da’i.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pelatihan Dakwah; Pondok Pesantren; Sumber Daya Manusia; Ma’ruful Hidayah |
Subjects: | Islam > Da'wah Specific Techniques of Agriculture > Grafting, Pruning, Training General Management > Manajement for Specific Organizations Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Ridwan Maulana |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78274 |
Actions (login required)
View Item |