Nurjanah, Dede (2023) Analisis latihan soal pada buku paket terbitan Erlangga berdasarkan Taksonomi Bloom dan domain kognitif TIMSS : Penelitian analisis deskriptif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir peserta didik khususnya pada pelajaran matematika yang perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut maka perlu diketahui penyebaran dan persentase tingkat kognitif soal yang dikerjakan oleh peserta didik ditinjau dari taksonomi Bloom dan domain kognitif TIMSS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitiannya adalah buku paket matematika SMP/MTs kelas VII semester 2 edisi kurikulum 2013 terbitan Erlangga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 383 soal yang dianalisis terdapat 3 soal yang tidak valid karena terdapat kekeliruan dalam penyajiannya. Hasil analisis dari 380 soal lainnya berdasarkan dimensi kognitif taksonomi Bloom menghasilkan 3,42% soal memuat dimensi mengingat (C1), soal yang memuat dimensi memahami (C2) sebanyak 9,47%, soal yang memuat dimensi menerapkan (C3) sebanyak 75,53%, soal yang memuat dimensi menganalisis (C4) sebanyak 9,21%, soal yang memuat dimensi mengevaluasi (C5) sebanyak 1,84% dan soal yang memuat dimensi mencipta (C6) sebanyak 0,53%. Sedangkan hasil analisis soal ditinjau dimensi kognitif dari TIMSS 2015 Assessment framework, dari 380 soal yang dianalisis diperoleh soal yang memuat domain kognitif pada domain knowing dengan persentase 26,20% , soal yang memuat domain kognitif pada domain applying dengan persentase 67,07% dan soal yang memuat domain kognitif pada domain reasoning dengan persentase 6,73%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis latihan soal; Buku Paket; Taksonomi Bloom; TIMSS; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dede Nurjanah |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78474 |
Actions (login required)
View Item |