Kania, Nurasyifa Permata (2023) Strategi Marketing koperasi syariah BMT Itqan dalam meningkatkan pelayanan nasabah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Strategi marketing adalah salah satu elemen krusial yang memiliki dampak signifikan terhadap kelangsungan lembaga, karena juga berperan penting dalam kemajuan serta pertumbuhan lembaga tersebut. BMT itQan adalah institusi keuangan mikro yang beroperasi dengan prinsip bagi hasil, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mikro dan usaha kecil, sambil meningkatkan status sosial dan ekonomi serta melindungi hak-hak kelompok kurang mampu. Salah satu keistimewaan BMT adalah perbedaannya dari lembaga keuangan konvensional, di mana pendekatan bagi hasil dan pembagian resiko digunakan sebagai alternatif yang menggantikan sistem bunga yang telah diterapkan dalam perbankan konvensional selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing koperasi syariah BMT ItQan dalam meningkatkan pelayanan nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dibutuhkan di BMT ItQan. Konsep teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Strategi Pemasaran menurut Tjiptono dan Chandra pada tahun 2012 yang menjelaskan bahwa strategi pemasaran terdapat lima indikator yaitu: Pertama, pemilihan pasar. Kedua, perencanaan produk. Ketiga, penetapan harga. Keempat, sistem distribusi dan. Kelima, komunikasi pemasaran. Dan juga menggunakan Teori Kepuasan Pelanggan atau Nasabah menurut Irwan pada tahun 2008 yang menjelaskan bahwa kepuasan pelanggan atau nasabah terdapat empat indikator yaitu: Pertama, perasaan puas. Kedua, membeli produk. Ketiga, merekomendasikan produk dan. Keempat, terpenuhinya harapan pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Marketing Koperasi Syariah BMT ItQan dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah yang meliputi formulasi analisis strategi marketing dalam meningkatkan layanan nasabah dalam mengukur kepuasan nasabah, BMT itQan juga tidak menerapkan teori tentang analisis pelanggan yang lari (lost customer analysis). Tetapi, meskipun BMT itQan tidak menerapkan teori ini, para nasabah di BMT itQan sangat loyal dan belum pernah ada nasabah yang lari atau pindah ke BMT lainnya. Terbukti nasabah di BMT itQan secara keseluruhan sudah mencapai 6.500 orang, dan sudah ada beberapa nasabah yang sukses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Marketing; Koperasi; Pelayanan Nasabah |
Subjects: | General Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Nurasyifa Permata Kania |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 01:53 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 01:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78506 |
Actions (login required)
View Item |