Strategi Marketing koperasi syariah BMT Itqan dalam meningkatkan pelayanan nasabah

Kania, Nurasyifa Permata (2023) Strategi Marketing koperasi syariah BMT Itqan dalam meningkatkan pelayanan nasabah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Strategi marketing adalah salah satu elemen krusial yang memiliki dampak signifikan terhadap kelangsungan lembaga, karena juga berperan penting dalam kemajuan serta pertumbuhan lembaga tersebut. BMT itQan adalah institusi keuangan mikro yang beroperasi dengan prinsip bagi hasil, bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis mikro dan usaha kecil, sambil meningkatkan status sosial dan ekonomi serta melindungi hak-hak kelompok kurang mampu. Salah satu keistimewaan BMT adalah perbedaannya dari lembaga keuangan konvensional, di mana pendekatan bagi hasil dan pembagian resiko digunakan sebagai alternatif yang menggantikan sistem bunga yang telah diterapkan dalam perbankan konvensional selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing koperasi syariah BMT ItQan dalam meningkatkan pelayanan nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dibutuhkan di BMT ItQan. Konsep teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Strategi Pemasaran menurut Tjiptono dan Chandra pada tahun 2012 yang menjelaskan bahwa strategi pemasaran terdapat lima indikator yaitu: Pertama, pemilihan pasar. Kedua, perencanaan produk. Ketiga, penetapan harga. Keempat, sistem distribusi dan. Kelima, komunikasi pemasaran. Dan juga menggunakan Teori Kepuasan Pelanggan atau Nasabah menurut Irwan pada tahun 2008 yang menjelaskan bahwa kepuasan pelanggan atau nasabah terdapat empat indikator yaitu: Pertama, perasaan puas. Kedua, membeli produk. Ketiga, merekomendasikan produk dan. Keempat, terpenuhinya harapan pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Marketing Koperasi Syariah BMT ItQan dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah yang meliputi formulasi analisis strategi marketing dalam meningkatkan layanan nasabah dalam mengukur kepuasan nasabah, BMT itQan juga tidak menerapkan teori tentang analisis pelanggan yang lari (lost customer analysis). Tetapi, meskipun BMT itQan tidak menerapkan teori ini, para nasabah di BMT itQan sangat loyal dan belum pernah ada nasabah yang lari atau pindah ke BMT lainnya. Terbukti nasabah di BMT itQan secara keseluruhan sudah mencapai 6.500 orang, dan sudah ada beberapa nasabah yang sukses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Marketing; Koperasi; Pelayanan Nasabah
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurasyifa Permata Kania
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:53
Last Modified: 20 Sep 2023 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78506

Actions (login required)

View Item View Item