Penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas V pada mata pelajaran IPA

Maris, Tria Budiani (2023) Penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas V pada mata pelajaran IPA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPA. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya hasil belajar kognitif siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan model pembelajaran Learning Cycle (LC). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Rancaekek tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang dengan hipotesis terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif antara siswa yang menerima pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan siswa yang menerima pembelajaran IPA dengan model pembelajaran Learning Cycle (LC). Hasil penelitian diperoleh bahwa: Hasil belajarkognitif sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) memperoleh peningkatan. Hasil belajar kognitif sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (LC) memperoleh peningkatan dengan kategori rendah. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang yang menerima pembelajaran IPA dengan menggunakan model Predict Observe Explain (POE) dan siswa yang menerima pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC). Sehingga hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model Predict Observe Explain (POE) berbeda dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Predict Observe Explain (POE); hasil belajar kognitif siswa; pembelajaran IPA;
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tria Budiani Maris
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:56
Last Modified: 20 Sep 2023 05:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78621

Actions (login required)

View Item View Item