Peran Ikhlas relawan dalam layanan dukungan Psikososial terhadap anak-anak penyintas Gempa Cianjur 5.6 Magnitudo : Studi relawan LDP Pos Utama Rumah Zakat Respon Aksi Gempa di Kabupaten Cianjur

Nurrohmah, Siti Kamilah (2023) Peran Ikhlas relawan dalam layanan dukungan Psikososial terhadap anak-anak penyintas Gempa Cianjur 5.6 Magnitudo : Studi relawan LDP Pos Utama Rumah Zakat Respon Aksi Gempa di Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terletak di wilayah geografis yang rawan terhadap bencana alam dengan frekuensi yang tinggi, yang dapat menyebabkan dampak bagi fisik dan mental bagi populasi manusia. Gempa Cianjur dengan magnitudo 5.6 merupakan salah satu contoh yang mengakibatkan dampak signifikan, terutama pada anak-anak penyintas. Dalam konteks ini, peran dukungan psikososial terhadap anak-anak menjadi penting, namun implementasinya sering kali masih memiliki kekurangan, terutama dalam pemahaman dan pengalaman relawan yang terlibat. Ikhlas menjadi landasan teori dalam penelitian ini, mengingat bahwa peran relawan dalam memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak penyintas memerlukan sikap ikhlas dan dedikasi. Teori ini menghubungkan konsep ikhlas dengan efektivitas interaksi relawan dalam aktivasi psikososial, dengan mengemukakan bahwa motivasi murni untuk membantu tanpa ekspektasi apapun dapat memberikan dampak positif pada anak-anak penyintas. Hal ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran ikhlas Relawan Pos Utama Rumah Zakat dalam memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak penyintas gempa Cianjur dengan magnitudo 5.6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan dan pustaka. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan relawan Pos Utama Rumah Zakat yang terlibat dalam layanan dukungan psikososial di Kabupaten Cianjur. Pertanyaan dalam wawancara mencakup motivasi relawan, pemahaman tentang ikhlas, pengalaman dalam aksi aktivasi psikososial, serta refleksi pribadi terkait peran ikhlas dalam membantu anak-anak penyintas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran ikhlas relawan Pos Utama Rumah Zakat memiliki dampak positif dalam aksi aktivasi layanan dukungan psikososial terhadap anak-anak penyintas gempa Cianjur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran ikhlas relawan Pos Utama Rumah Zakat memiliki peranan yang signifikan dalam aktivasi layanan dukungan psikososial terhadap anak-anak penyintas gempa Cianjur. Sikap ikhlas relawan dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada anak-anak memiliki dampak positif dalam membantu pemulihan psikososial mereka. Oleh karena itu, pemahaman dan penguatan konsep ikhlas pada relawan merupakan hal penting dalam meningkatkan efektivitas intervensi psikososial dalam situasi bencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ikhlas; Relawan; Psikososial; Bencana Alam; Gempa Bumi
Subjects: Psychology
Applied Psychology
Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Islam and Natural Science
Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Sufism
Culture and Institutions > Religious Institution
Earth, Astronomical Geography
Geography and Travel > Organization an Management of Geography
Geography and Travel > Education and Research of Geography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nurrohmah Siti Kamilah
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:43
Last Modified: 22 Sep 2023 03:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78641

Actions (login required)

View Item View Item