Efektifitas penggunaan media pembelajaran Monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS

Humairotunnisa, Humairotunnisa (2023) Efektifitas penggunaan media pembelajaran Monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang krusial bagi kehidupan masyarakat di masa sekarang. Pendidikan merupakan suatu usaha untuk menyiapkan generasi yang akan mendatang dalam menyambut dan menghadapi perkembangan zaman. Salah satu bukti dari keberadaan peradaban manusia di muka bumi ini adalah dengan adanya pendidikan. Akan tetapi masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu kurangnya motivasi dan minat belajar siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Jati 1 Kabupaten Cianjur peneliti menemukan permasalahan yakni hasil belajar siswa kelas VI MI Jati 1 Kabupaten Cianjur pada pembelajaran IPS masih cukup rendah karena dilihat dari hasil UAS semester ganjil, masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penggunaan media pembelajaran monopoli merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembembelajaran IPS siswa kelas VI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil belajar pada siswa kelas VI MI Jati 1 Kabupaten Cianjur sebelum menggunakan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran IPS. 2) Mendeskripsikan proses belajar siswa pada setiap siklus dalam menggunakan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran IPS kelas VI MI jati I. 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus setelah menggunakan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran IPS kelas VI MI Jati 1. Metode penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Tagart dengan etiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada kelas VI MI Jati 1 yang terdiri dari 31 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata skor sebesar 54,68 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 38,71% berada pada kategori sangat rendah. 2) Penggunaan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran IPS di kelas VI dapat terlaksana dengan baik. Skor yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru pada pra siklus 65%, siklus I 77,5%, Siklus II 85% dan siklus III 95%. Adapun rata-rata skor observasi aktivitas siswa yaitu 52,1% pada pra siklus, 59,47% pada siklus I, 66,93% pada siklus II, dan 82,90% pada siklus III. 3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu 45,16% (sangat rendah) pada siklus I, 51,61 (rendah) pada siklus II, 80,65 (tinggi) pada siklus III. Penelitian ini berakhir pada siklus tiga karena pada siklus tersebut siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sudah mencapai 80% dan ketuntasan klasikal siswa pada pembelajaran IPS berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran monopoli; Pembelajaran IPS;
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Humairotunnisa Nisa
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:22
Last Modified: 20 Sep 2023 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78654

Actions (login required)

View Item View Item