Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap bisnis Google Adsense

Rahmawati, Melinda Nur (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap bisnis Google Adsense. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BA II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy

Abstract

Google Adsense merupakan program advertising yang dilakukan oleh Google yang bekerjasama dengan publisher yang dapat menghasilkan dolar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan Google dengan metode pay per click (PPC). Google adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh google. Dalam dunia perekonomian islam pun terdapat bermacam-macam bentuk muamalah yang paling dikenal dari dulu hingga saat ini yaitu syirkah, ijarah dan samsarah. Dalam islam menjualkan sesuatu tidak boleh melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme Google Adsense dan tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap akad kerjasama antara Publisher, Google Adsense, Pemilik Iklan dan Pengunjung Situs dengan akad syrikah, ijarah dan samsarah. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwasanya dalam muamalah harus dilandasi beberapa asas, yaitu ‘adalah (keadilan atau pemerataan, asas mu’awamah, asas Musyarakah, Asas Manfaah (tabadulul manafi), asas Antaradhin, asas Adamul Gharar, kebebasan membuat akad, Al-Musawah, dan Ash-Shidiqqin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan salah satu Publisher yaitu dengan pemilik konten kreator pada youtube. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa salah satu produk dari Google yaitu produk periklanan Google ialah Google Adsense. Mekanisme adsense ada tiga tahap yaitu pertama publisher menyediakan ruang iklan (dengan menempelkan kode iklan di situs), kedua iklan yang membayar paling tinggi akan muncul di situs publisher (pengiklan akan melakukan bid dalam lelang real time agar iklannya ditampilkn diruang publisher, dan yang ketiga publisher akan dibayar ogle menangani proses penagihan terhadap semua pengiklan dan jaringan untuk iklan di situs. Kerjasama bisnis periklanan ini memiliki tiga akad yaitu dalam bentuk syirkah abdan, yaitu kerjasama antara publisher dan Google yang masing-masing hanya memberikan kontribusi kerja berupa mengiklankan sebuah produk dimana publisher menyediakan ruang iklan dan Google memberikan produk iklan pada situs ini. Selain itu akad ijarah yang memperkerjakan jasa Google untuk mengiklankan produknya dengan ujrah sebagai imbalan jasa Google setelah melakukan pekerjaannya. Akad selanjutnya yaitu samsarah karena publisher sebagai perantara antara pengunjung situs dan pemilik produk. Jika pengunjung situs mengklik iklan yang ada di situs publisher maka pengunjung tersebut akan terhubung ke situs pemilik iklan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Google Adsense; Syirkah; Ijarah; Samsarah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Melinda Nur Rahmawati
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:40
Last Modified: 20 Sep 2023 08:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78694

Actions (login required)

View Item View Item