Wulandari, Zulfa Amania Asfani (2023) Corporate Social Responsibility PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Penguatan Program Sahabat Difabel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTARK)
2_abstrak.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang menyelenggarakan jasa angkutan perkerataapian dan bisnis usaha penujang lainnya. Sebuah perusahaan wajib melaksanakan CSR untuk membangun hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang mendorong pertumbuhan pembangunan berkelanjutan. CSR PT. KAI (Persero) melakukan kegiatan yang berbasis kepedulian kepada penyandang disabilitas untuk memberikan pelayanan khusus melalui program sahabat difabel. Studi kajian corporate social responsibility PT Kereta Api Indonesia (Persero) tentunya menarik untuk dikaji sebagai penelitian karena perhatian terhadap pelayanan kepada penyandang disabilitas di berbagai perusahaan masing terlihat kurang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses yang dilakukan oleh CSR PT. KAI (Persero) dalam menjalankan program yang diselenggarakan melalui sahabat difabel dari mulai pencarian fakta (fact finding), perencanaan dan program (planning and programming), tindakan aksi dan komunikasi (taking action and communications), evaluasi (evaluating). Penelitian dari landasan teori ini merujuk pada Four Step of Public Relations yang dikemukan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Merujuk pada teori yang dipilih tersebut mampu mengkontruksikan proses secara keseluruhan baik dalam merumuskan indikator, mengumpulkan data mengenai CSR program sahabat difabel.Paradigma yang digunakan adalah kontruktivisme yang bertujuan untuk memahami konsep pemaknaan dan pengambilan keputusan mengenai program sahabat difabel yang tidak dapat digeneralisasikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada tiga informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bawa Corporate Social Responsibility PT Kereta Api (Persero) dalam Penguatan Program Sahabat Difabel dinilai efektif. Menjalankan program untuk mensejahterakan penyandang disabilitas ini sebagai upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat dengan cara memberikan pelayanan baik secara moril maupun materil. Demikian melalui program sahabat difabel persepsi masyarakat mengenai PT. KAI (Persero) sebagai perusahaan yang berpihak dan ramah kepada penyandang disabilitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility; Penyandang Disabilitas; PT. KAI (Persero) |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Social Process > Coordination and Control |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Zulfa Amania Afani Wulandari |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 01:34 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78826 |
Actions (login required)
View Item |