Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pemasaran indekos menggunakan Algoritma Oriented FAST and Rotated BRIEF

Arrasyid, Muhamad Lutfi (2023) Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pemasaran indekos menggunakan Algoritma Oriented FAST and Rotated BRIEF. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Periklanan adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk membuat produk agar diketahui masyarakat. Salah satu sarana publikasi/iklan yaitu media cetak, misalnya brosur. Adanya brosur yang dibagikan kepada masyarakat sangat membantu masyarakat menemukan informasi tentang produk, termasuk indekos. Namun, penggunaan brosur memiliki kelemahan: brosur yang sudah dibaca sering kali berakhir di tempat sampah. Dengan Augmented Reality, brosur indekos dapat digunakan dengan lebih baik. Augmented reality memiliki beberapa metode atau algoritma yang digunakan salah satunya yaitu Algoritma Oriented FAST and Rotated BRIEF dan Metode Marker Based Tracking. Teknologi ini akan mengubah cara promosi produk yang biasanya hanya mengandalkan brosur atau spanduk 2D konvensional, menjadikannya lebih nyata, menarik perhatian, dan unik. Hal ini disebabkan ketika saat menggunakan Augmented Reality, objek 3D akan tampil di atas gambar marker 2D yang terdapat pada brosur melalui aplikasi yang diinstal pada perangkat Android. Berdasarkan hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun secara fungsional sudah dapat menampilkan hasil berupa objek 3D, explore objek 3D, pencarian indekos, serta informasi indekos seperti: fasilitas, harga sewa, luas kamar, alamat. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan dalam pendeteksian marker antara lain: intensitas cahaya, kamera yang digunakan, serta banyaknya interest point pada gambar yang dijadikan marker.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; Marker Based Tracking; Oriented FAST and Rotated BRIEF
Subjects: Special Computer Methods > Barcoding
Special Computer Methods > Three Dimensional Graphics, 3-D
General Management > Sales Promotion
Interior Decoration > Specific Decorations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: mr. lutfi arrasyid
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:55
Last Modified: 26 Sep 2023 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78844

Actions (login required)

View Item View Item