Pengaruh Self-Efficacy dan dukungan orangtua terhadap motivasi mahasiswa penghafal Al-Qur'an

Maulana, Meiviana Nurul Khadijah (2023) Pengaruh Self-Efficacy dan dukungan orangtua terhadap motivasi mahasiswa penghafal Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan mengenai penurunan motivasi internal pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an di Ma’had Tahfizh UIN Sunan Gunung Djati Bandung kerap kali dialami, yang dampaknya terbuktinya seperti semakin merasakan kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an bahkan beberapa diantaranya memutuskan untuk meninggalkan Ma’had. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan dukungan orangtua terhadap motivasi pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an di Ma’had Tahfizh UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif dengan pendekatan kausalitas, seluruh partisipan didapatkan dengan metode sensus atau semua populasi yang ada di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai F = 29.179 dan signifikansi p < 0.05 yang mengindikasikan bahwa self-efficacy dan dukungan orangtua mempengaruhi motivasi internal dengan kontribusi sebesar 29.7%. Implikasi penelitian ini membuktikan pentingnya self-efficacy yang kuat dan dukungan yang positif sebagai acuan yang menguatkan bagi mahasantri penghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Dukungan Orangtua; Mahasiswa; Penghafal Al-Qur’an.
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Meiviana Nurul Khadijah Maulana
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:32
Last Modified: 25 Sep 2023 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78976

Actions (login required)

View Item View Item