Retorika dakwah pemuda dalam konten Tiktok : Studi deskriptif terhadap akun TikTok @rahmatalfatih

Fadhilah, Sabila (2023) Retorika dakwah pemuda dalam konten Tiktok : Studi deskriptif terhadap akun TikTok @rahmatalfatih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini sedang ramai orang berdakwah melalui media sosial terutama di TikTok, tetapi tidak semua yang berdakwah di TikTok sesuai dengan teori retorika Aristoteles. Karena dalam berdakwah pun diperlukan seni berbicara supaya pesan dakwahnya dapat sampai kepada mad’unya Rahmat Al Fatih merupakan salah seorang pemuda yang berdakwah melalui media sosial TikTok dengan konten story telling atau menceritakan kisah tokoh islami. Rahmat Al Fatih memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan dakwahnya sehingga kontennya banyak diminati oleh masyarakat terutama generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui retorika dakwah seorang pemuda dalam konten di akun TikTok @rahmatalfatiih yang ditinjau dari aspek ethos, pathos, dan logos dalam tiap konten videonya. Penelitian ini menggunakan teori retorika yang dikemukakan oleh Aristoteles yang mencakup dari segi ethos (kredibilitas), pathos (emosi), dan logos (logika). Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan retorika dalam konten video di akun TikTok @rahmatalfatiih. Paradigma yang digunakan yaitu kontruktivisme, serta Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada objek penelitia yaitu Rahmat Al Fatih. Penelitian retorika dakwah pemuda dalam konten TikTok (studi deskriptif terhadap akun TikTok @rahmatalfatiih diperoleh hasil, diantaranya: 1) Retorika dalam aspek ethos, Rahmat Al Fatih dalam konten TikToknya dapat menunjukkan kredibilitas dan karakter yang positif. Retorika Rahmat Al Fatih telah memenuhi ketiga komponen dari aspek ethos, yaitu good competence (kompetensi yang baik), good moral character (karakter moral yang baik) , dan good will (niat yang baik). 2) Retorika dalam aspek pathos atau emosi, Rahmat Al Fatih mampu menggunakan elemen emosional, gestur, dan kecakapan dalam berkomunikasi di dalam konten videonya. Retorika yang digunakan Rahmat Al Fatih dapat menyadarkan audiens mengenai komunikasi non verbal. 3) Retorika dalam aspek logos, Rahmat Al Fatih dalam kontennya dapat menyampaikan argumentasi yang rasional dan dapat menyampaikan dengan sumber yang jelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Retorika; TikTok
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sabila Fadhilah
Date Deposited: 26 Sep 2023 02:55
Last Modified: 26 Sep 2023 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79062

Actions (login required)

View Item View Item