Pengaruh berita Politik pada media Online CNN terhadap kecenderungan mahasiswa memilih Calon Presiden 2024

Haniifah, Tasya Shofa (2023) Pengaruh berita Politik pada media Online CNN terhadap kecenderungan mahasiswa memilih Calon Presiden 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Media online saat ini lebih banyak diminati khalayak dibandingkan media massa lainnya karena kemudahan dalam mengakses informasi. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh perusahaan Global Nielsen sebagai perusahaan pengukuran informasi. Dengan banyaknya khalayak yang menggunakan media massa membuat khalayak mempunyai opini tersendiri terutama ketika menjelang pemilu. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan fenomena penyebutan istilah ‘kadrun’ dan ‘kampret’ pada pemilu 2019. Fenomena tersebut terjadi dikarenakan masing – masing pendukung yang berlebihan dalam mendukung capres Jokowi dan Prabowo Subianto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh berita politik pada media online CNN terhadap kecenderungan mahasiswa memilih calon presiden 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teori Jarum Hipodermik. Pengumpulan data penelitian melalui angket atau kuesioner diambil sampel dari populasi Mahasiswa Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung dengan jumlah populasi sebanyak 175 diambil sampel menggunakan rumus Slovin maka diperoleh 64 responden. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling berjenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara berita politik pada media online CNN terhadap kecenderungan mahasiswa memilih calon presiden 2024. Dengan hasil Koefisien Determinasi nilai R sebesar 0,704 yang menunjukkan dalam kategori yang kuat dan nilai R Square (R2) sebesar 0,470 atau 47% atau menunjukkan bahwa pengaruh Berita Politik Pada Media Online CNN Terhadap Kecenderungan Mahasiswa Memilih Calon Presiden 2024 adalah 47% dimana ini termasuk ke dalam kategori sedang dan untuk sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. ENGLISH : Online media are currently more popular with audiences than other mass media because of the ease of access to information. This is supported by research conducted by Global Nielsen, an information measurement company. With so many audiences using mass media, audiences have their own opinions, especially when it comes to elections. This is evidenced by the emergence of the phenomenon of mentioning the terms 'kadrun' and 'kampret' in the 2019 elections. The phenomenon occurred due to the excessive support of presidential candidates Jokowi and Prabowo Subianto. The purpose of this study is to determine how much influence political news on CNN online media has on students' tendency to choose presidential candidates 2024. This study uses a quantitative approach using the hypodermic needle theory. Collecting research data through a questionnaire or survey, a sample was taken from the population of students of Sunan Gunung Djati Islamic University Bandung with a population of 175 samples taken using the Slovin formula, 64 respondents were obtained. With the data collection technique used is non probability sampling type purposive sampling. The results showed that there was a significant influence between political news on CNN online media on the tendency of students to choose presidential candidates. With the results of the coefficient of determination, the R value is 0.704 which shows that it is in a strong category and the R Square (R2) value is 0.470 or 47% or shows that the effect of political news on CNN online media on the tendency of students to choose presidential candidates 2024 is 47% where this is included in the medium category and for the remaining 53% it is influenced by other factors not included in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Politk; Kecenderungan; Media Online CNN
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tasya Shofa Haniifah
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:19
Last Modified: 27 Sep 2023 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79262

Actions (login required)

View Item View Item