Upaya meningkatkan komunikasi verbal melalui metode show and tell pada mata pelajaran ILmu Pengetahuan Alam di MI

Zannah, Mita Miftahul (2023) Upaya meningkatkan komunikasi verbal melalui metode show and tell pada mata pelajaran ILmu Pengetahuan Alam di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Rifqi kabupaten Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi verbal siswa sebelum diterapkanya model pembelajaran show and tell, (2) Mengetahui bagaimana gambaran prosespembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran show and tell,(3) peningkatan kemampuan komunikasi verbal siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran show and tell. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Madrah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja, observasi serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa komunikasi verbal siswa sebelum diterapkanya metode pembelajaran show and tell memperoleh nilai rata-rata 40 dan setelah diterapkanya metode pembelajaran show and tell memperoleh nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwasanya penerapan metode pembelajaran show and tell pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung dapat meningkatkan komunikasi verbal siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Verbal; Metode Show and Tell; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mita Miftahul Zannah
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:13
Last Modified: 02 Oct 2023 01:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79367

Actions (login required)

View Item View Item