Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja Guru : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Sumedang

Irawan, Ajeng Parwati (2023) Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja Guru : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kinerja guru baik dalam hal kompetensi maupun keterampilan dalam proses pembelajaran, sekolah perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru tersebut dalam mengembangkan segala potensinya. Salah satunya yaitu dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat). Karena pendidikan dan pelatihan memberi kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap baru yang mengubah perilakunya yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja serta akan berdampak pula pada peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pendidikan dan pelatihan guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang (2) Kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang (3) Pengaruh pendidikan dan pelatihan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kusioner melalui google from yang disebar kepada responden sebanyak 70 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik melalui aplikasi SPSS Versi 26 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan dan pelatihan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang memperoleh rata-rata nilai 4.43 angka tersebut dikategorikan sangat tinggi. (2) Kinerja guru di MAN se-Kabupaten Sumedang memperoleh rata-rata nilai 4,20 maka dikategorikan sangat tinggi. (3) Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kinerja guru dengan taraf signifikan 0,00 < 0.05 dan nilai thitung 8,202 > tabel 0,235 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara pendidikan pelatihan terhadap kinerja guru di madrasah. Sedangkan Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru memilki nilai R square sebesar 0,497 yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel X Pendidikan dan Pelatiahan terhadap variabel Y Kinerja Guru sebesar 49% sedangkan 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti tingkat pendidikan guru, supervisi pengajaran dan gaya kepemimpinan madrasah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomedasikan kepada Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Sumedang untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja guru, salah satu nya dengan pendidikan dan pelatihan guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan Pelatihan; Kinerja Guru
Subjects: Education
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ajeng Parwati Irawan
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:51
Last Modified: 04 Oct 2023 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79536

Actions (login required)

View Item View Item