Komunikasi filantropi Baitulmaal Muamalat dan inisiatif zakat Indonesia terhadap dakwah transformatif: Analisis efektifitas program ziswaf terhadap dampak masyarakat berzakat

Adilah, Siti Ulya faza (2023) Komunikasi filantropi Baitulmaal Muamalat dan inisiatif zakat Indonesia terhadap dakwah transformatif: Analisis efektifitas program ziswaf terhadap dampak masyarakat berzakat. Masters thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Kegiatan filantropi dalam banyak hal disosiasi oleh masyarakat sipil, filantropi atau kegiatan memberikan bantuan yang sifatnya personal namun untuk kepentingan umum sehingga kegiatan filantropi ini menjadi tanggung jawab masyarakat untuk kepentingan sekitar, dan menciptakan nilai-nilai perubahan sosial. Hal itu diimplementasikan pada lembaga BMM dan IZI yang memiliki program yang berkontribusi dalam penguatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar signifikansi pengaruh dari program bantuan dana ziswaf terhadap dakwah transformatif. Indikator dalam dakwah transformatif tercipta dari komunikasi filantropi yang membentuk kepuasan penerima manfaat terhadap program bantuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto digunakan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat, dengan menggunakan pendekatan model SERVQUAL. Teori yang digunakan uses and gratifikation, dimana peran lembaga filantropi akan diukur dari kepuasan penerima manfaatnya agar menghasilkan seberapa besar tingkat efektivitasnya dalam menciptakan dakwah transformatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa efekttifitas program bantuan dari lembaga BMM sebesar 30,6% dan lembaga IZI sebesar 54.8%. Hal tersebut dilihat dari seberapa baik komunikasi yang tercipta antara lembaga dan penerima manfaat, strategi-strategi yang digunakan oleh pihak lembaga untuk mengelolah hasil penghimpunan dana ziswaf menjadi indicator efektifitas sebuah lembaga dalam meningkatkan Masyarakat berzakat sehingga, program bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat. Kata Kunci : Dakwah, Komunikasi Lembaga, Dakwah Transformatif ENGLISH : In many cases, philanthropic activities are dissociated from civil society, philanthropy or activities providing assistance that are personal in nature but for the public interest so that these philanthropic activities become the responsibility of society for the benefit of the surrounding area, and create values ​​for social change. This is implemented at BMM and IZI institutions which have programs that contribute to strengthening the economy. This research aims to determine how significant the influence of the Ziswaf funding assistance program is on transformative da'wah. Indicators in transformative da'wah are created from philanthropic communication which shapes beneficiary satisfaction with aid programs. The method used in this research is quantitative after the fact used to determine cause-and-effect relationships, using the SERVQUAL model approach. The theory used uses and gratification, where the role of philanthropic institutions will be measured by the satisfaction of their beneficiaries in order to determine the level of effectiveness in creating transformative da'wah. The research results show that the effectiveness of the assistance program from the BMM institution is 30.6% and the IZI institution is 54.8%. This can be seen from how good communication is created between the institution and the beneficiaries, the strategies used by the institution to manage the results of collecting ziswaf funds are indicators of the effectiveness of an institution in increasing the zakat community so that aid programs can be utilized properly and appropriately. Keywords: Da'wah, Institutional Communication, Transformative Da'wah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Komunikasi Lembaga; Dakwah Transformatif
Subjects: Islam > Organizations of Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ulya Faza Adilah
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:39
Last Modified: 25 Oct 2023 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80737

Actions (login required)

View Item View Item