Abdillah, Zulfiyani Labib (2023) Penerapan model pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Triyasa Bandung dimana kemampuan penalaran matematis siswa masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instruction Design (C-MID) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan Model Pembelajaran C-MID lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) kategori tinggi, sedang dan rendah, dan kemandirian Belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan Model Pembelajaran C-MID. Penelitian ini dilakukan di SMP Triyasa Bandung pada kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non-tes, yaitu pretest, posttest dan angket kemandirian belajar. Hasil penelitian sebagai berikut: peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan tingkat PAM siswa melalui Model Pembelajaran C-MID lebih baik daripada model konvensional, dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran C-MID pada proses pembelajaran matematika menunjukkan sikap positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID); kemampuan penalaran matematis; kemandirian belajar siswa; |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zulfiyani Labib Abdillah |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 05:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 05:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80802 |
Actions (login required)
View Item |