Harahap, Hisar Asman Mirsa (2023) Pengembangan media pembelajaran Role Playing Game (RPG) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (856kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (965kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada pengembangan media pembelajaran Role Playing Game (RPG) pada Siswa SMP. Namun masalah yang ditemukan berupa rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan kebiasaan Siswa dalam proses pembelajaran yang tidak terlalu berperan aktif. Maka dari itu Siswa sebaiknya difasilitasi untuk berperan aktif dalam memecahkan masalah matematis. Tujuan peneliti ini untuk mengembangkan media pembelajaran Role Playing Game (RPG) pada Siswa SMP. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Plomp (Prelimenary Research , Prototyping Phase, dan Assessment Phase ). Data yang diperoleh dari validasi ahli validator media dan ahli materi serta respon Siswa . Analisis data untuk pengembangan media pembelajaran Role Playing Game (RPG) pada Siswa SMP mendapatkan kriteria sangat valid dari ahli media dan mendapatkan kriteria valid dari ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Role Playing Game (RPG) layak digunakan dan diaplikasikan pada Siswa dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta mendapatkan tanggapan dan respon yang baik dari Siswa kelas VIII A dan VIII B serta guru SMP Bina Harapan Kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Role Playing Game; RPG; Kemampuan pmecahan masalah matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hisar Asman Mirsa Harahap |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 02:55 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81229 |
Actions (login required)
View Item |