Strategi Integrated Marketing Communication dalam mempromosikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung : Studi deskriptif mengenai Integrated Marketing Communication Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung

Dewi, Kania (2023) Strategi Integrated Marketing Communication dalam mempromosikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung : Studi deskriptif mengenai Integrated Marketing Communication Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab i.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
bab iii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
bab iv.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Kota Bandung sebagai kota metropolitan di Indonesia memiliki potensi wisata yang besar sehingga memiliki daya tarik yang bagus dimata wisatawan. Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata unggulan yang mendapatlan indeks pariwisata tertinggi di Indonesia. Meskipun begitu, masih banyak destinasi wisata yang belum masyarakat ketahui dan membutuhkan pengenalan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung menjadi pihak yang memiliki peran utama dalam mengenalkan Kota Bandung kepada para wisatawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dalam mempromosikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dengan memakai konsep Integrated Marketing Communication dengan tahapan (1) Advertising (2) Sales Promotion (3) Publicity/Public Relations, (4) Direct Marketing dan (5) Personal Selling. Penelitian ini memakai paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan observasi untuk menjawab pertanyaan penelitian dan mendeskripsikan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Integrated Marketing Communication dalam mempromosikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung telah dilaksanakan sesuai dengan konsep Integrated Marketing Communication sebagai berikut: (1) Tahap advertising menggunakan media sosial Instagram dan pemasangan baliho di jalan-jalan utama yang sering dilewati oleh wisatawan. (2) Tahap sales promotion dengan melaksanakan kampanye influencer dan memberikan diskon paket wisata melalui travel agent yang bekerja sama. (3) Tahap publicity/public relations dengan melakukan kerja sama dengan media lokal dan menciptakan konten digital di media sosial. (4) Tahap direct marketing dengan menentukan target dan audience, serta melakukan pengukuran dan evaluasi terhadap kegiatan direct marketing yang mereka jalankan. (5) Tahap personal selling dengan melakukan persiapan sebelum bertemu dengan calon pelanggan, mengidentifikasi prospek potensial, mengumpulkan data pelanggan, serta melakukan negosiasi dan penutupan untuk mencapai kesepakatan dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Terpadu; Promosi Wisata; Digital PR
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Kania Dewi Kania Kania Dewi
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:14
Last Modified: 02 Nov 2023 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81436

Actions (login required)

View Item View Item