Perubahan perilaku remaja pasca mengikuti Program Guru Kependidikan Mengaji di Kecamatan Cibiru

Rochmat, Taufiq (2023) Perubahan perilaku remaja pasca mengikuti Program Guru Kependidikan Mengaji di Kecamatan Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perubahan perilaku remaja setelah mengikuti program Guru Kependidikan Mengaji (GKM) di Kecamatan Cibiru. Penelitian ini berangkat dari fenomena kenakalan remaja yang terjadi di Kota Bandung setelah adanya program GKM yang memiliki tujuan untuk mengisi waktu luang remaja dari waktu maghrib sampai isya dengan mengikuti program GKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku remaja sebelum mengikuti program GKM di Kecamatan Cibiru, unutk mengetahui perilaku remaja setelah mengikuti program GKM di Kecamatan Cibiru. Kemudian tujuan selanjutnya untuk mengetahui cara menjaga konsistensi perilaku remaja setelah mengikuti program GKM di Kecamatan Cibiru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Weber. Terdapat konsep dasar dalam tindakan sosial yaitu rasioanal dan nonrasional, dari kosep dasar tersebut terbagi menjadi empat yaitu rasional instrumental, rasional berorientasi nilai, tindakan tradisional dan tindakan afektif. Teori ini digunakan peneliti untuk menganalisis permasalahan perubahan perilaku remaja. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan unutk mengkaji sistem pemikiran, objek atau kondisi nyata, serta memberikan gambaran secara lengkap mengenai perubahan perilaku remaja setelah mengikuti progam GKM. Data yang dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi non partisipan dan wawancara semi terstruktur. Selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Kemudian data yang sudah didapatkan direduksi, dikelompokkan ke dalam penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku remaja sebelum mengikuti program GKM memiliki perilaku yang cukup baik bagi remaja yang selalu mengikuti kegiatan mengaji di masjid. Perilaku remaja setelah mengikuti program GKM memiliki perubahan, perubahan tersebut terjadi karena tiga faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyrakat. Sedangkan cara menjaga konsistensi perilaku remaja setelah mengikuti program GKM dengan dua cara yaitu adanya dorongan dan motivasi dari masyarakat atau orang tua, dan adanya contoh dan pengajaran perilaku yang baik terhadap remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Perilaku; Remaja; Guru Kependidikan Mengaji; Tindakan Sosial
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Taufiq Rochmat
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:18
Last Modified: 08 Nov 2023 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81764

Actions (login required)

View Item View Item