Zulfikar, Abdul Aziz (2023) Pengelolaan Digital Public Relations melalui Media Sosial Instagram sebagai media informasi pemerintah Kota Banjar : Studi deskripitif pada Instagram Humas Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Seiring berjalannya waktu, saat ini perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi melalui media digital. Humas Kota Banjar sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap penyampaian informasi kepada masyarakat di Kota Banjar, berusaha untuk relevan dengan perkembangan yang terjadi, oleh karena itu dalam praktiknya menggunakan praktik digital public relations untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana pengelolaan digital public relations melalui media sosial Instagram @humas.banjar sebagai media informasi yang dilakukan Humas Kota Banjar. Adapun tahapan yang dilakukan adalah tahapan share (membagikan), optimize (optimalisasi), manage (mengelola) dan engage (melibatkan publik). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipasi pasif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan digital public relations melalui media sosial Instagram @humas.banjar melalui empat tahap, yaitu: 1) Share (membagikan) konten yang memiliki fokus pada participate (berpartisipasi) connect (terhubung) dan build trust (membangun kepercayaan); 2) Optimalisasi (Optimize) pesan yang memiliki fokus pada penyesuaian bentuk dan visual konten, dan gaya bahasa pada tulisan konten; 3) Manage (Mengelola) yang memiliki fokus pada media monitoring (peninjauan media) dan quick respon (respon cepat); 4) Engage (Melibatkan Publik) yang memiliki fokus pada berinteraksi secara langsung dengan followers (pengikut) dan kerjasama dengan pihak eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kota Banjar telah melalui tahapan-tahapan yang sesuai model The Circular Model of So Me for Social Communication yaitu tahap share, optimize, manage, dan engage. ENGLISH L As time goes by, the development of communication technology has brought changes for people to be able to obtain information through digital media. Banjar City Public Relations as an institution responsible for conveying information to the public in Banjar City, tries to be relevant to current developments, therefore in practice it uses digital public relations practices to convey information to the public. This research aims to find out how digital public relations is managed through the social media Instagram @humas.banjar as an information medium carried out by Banjar City Public Relations. The stages carried out are the share, optimize, manage and engage stages. This research uses a qualitative approach, with descriptive methods, and a constructivist paradigm. Data collection was carried out using passive participant observation techniques and in-depth interviews. The results of the research show that managing digital public relations through social media Instagram @humas.banjar goes through four stages, namely: 1) Share content which focuses on participate, connect and build trust. ); 2) Optimizing messages that focus on adjusting the form and visual content, and language style in written content; 3) Manage which focuses on media monitoring and quick response; 4) Engage which focuses on interacting directly with followers and collaborating with external parties. The research results show that Banjar City Public Relations has gone through stages in accordance with The Circular Model of So Me for Social Communication, namely the share, optimize, manage and engage stages.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; The Circullar Model of Some; Humas Pemerintah |
Subjects: | Communications Telemunications > Wireless Communications Technology, Applied Sciences |
Depositing User: | Abdul Aziz Zulfikar |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:12 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81982 |
Actions (login required)
View Item |