Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Brainstorming terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi pokok Perubahan Lingkungan

Fitroh, Amaliatul (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Brainstorming terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi pokok Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Pada Abad ke-21, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin siswa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, salah satunya Keterampilan Proses Sains (KPS). Sehingga penggunaan model pembelajaran yang relevan yaitu model Project Based Learning (PjBL) berbantu brainstorming, karena PjBL dilakukan secara kolaboratif dan berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu brainstorming terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen bentuk non equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model PjBL berbantu brainstorming dan yang tidak menggunakan model PjBL berbantu brainstorming. KPS siswa kelas yang menggunakan dan tanpa menggunakan model PjBL berbantu brainstorming diperoleh nilai N-Gain dengan kategori sedang, kelas yang menggunakan model PjBL berbantu brainstorming N-Gain sebesar 0,67 dan kelas tanpa menggunakan model PjBL berbantu brainstorming N-Gain sebesar 0,47. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut diperoleh 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan, penelitian ini menunjukkan kelas yang menggunakan model PjBL berbantu brainstorming terdapat pengaruh terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming; keterampilan proses sains; perubahan lingkungan; project based learning
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Amaliatul Fitroh
Date Deposited: 14 Nov 2023 00:49
Last Modified: 14 Nov 2023 00:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82105

Actions (login required)

View Item View Item