Fitroh, Amaliatul (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Brainstorming terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi pokok Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
Abstract
Pada Abad ke-21, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin siswa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, salah satunya Keterampilan Proses Sains (KPS). Sehingga penggunaan model pembelajaran yang relevan yaitu model Project Based Learning (PjBL) berbantu brainstorming, karena PjBL dilakukan secara kolaboratif dan berfokus pada pemecahan masalah yang berhubungan dengan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu brainstorming terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen bentuk non equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model PjBL berbantu brainstorming dan yang tidak menggunakan model PjBL berbantu brainstorming. KPS siswa kelas yang menggunakan dan tanpa menggunakan model PjBL berbantu brainstorming diperoleh nilai N-Gain dengan kategori sedang, kelas yang menggunakan model PjBL berbantu brainstorming N-Gain sebesar 0,67 dan kelas tanpa menggunakan model PjBL berbantu brainstorming N-Gain sebesar 0,47. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut diperoleh 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan, penelitian ini menunjukkan kelas yang menggunakan model PjBL berbantu brainstorming terdapat pengaruh terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brainstorming; keterampilan proses sains; perubahan lingkungan; project based learning |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Amaliatul Fitroh |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 00:49 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 00:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82105 |
Actions (login required)
View Item |