Maulana, Naufal (2023) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap kelas VIII-BSMP Plus Baiturrahman Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh keterangan bahwa Berdasarkan studi pendahuluan, diketahui bahwa hasil belajar siswa di SMP Plus Baiturrahman Ujungberung Bandung rendah. Para tenaga pendidik di sana terkadang kesusahan saat memilih yang mana sekiranya metode pembelajaran yang cocok, efektif dan menyenangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hal itu disebabkan selain karena materi pelajarannya yang bermacam-macam juga dampak dari pasca pembelajaran online kemarin masih membekas, yang mana terkadang para peserta didik suka tidak fokus ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka diperlukan model/metode pembelajaran yang dapat membuat siswa memiliki kesadaran dan semangat belajar. Peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran two stay two stray yang diasumsikan dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. 2) subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan juga sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 orang. 3) instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan: 1) proses penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berada pada kategori baik berdasarkan rata-rata hasil observasi guru sebesar 83.54%. angka tersebut ada pada interval 80- 100%. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen berada pada kategori sedang berdasarkan hasil N-Gain dengan skor 0.602, kemudian kelas kontrol berada pada kategori rendah berdasarkan hasil N-Gain dengan skor 0.173. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test, nilai Signifikansi (2-Tailed) kelas kontrol sebesar 0.003 < 0.05, sedangkan kelas eksperimen sebesar 0.001 < 0.05. Dari skor kedua kelas, menunjukkan adanya perbedaan yang siginifikan antara variable awal dengan variable akhir. Ini menandakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan kepada masing-masing variable. Namun bila melihat dari peningkatan skor mean nya, maka skor mean kelas eksperimen lah yang paling tinggi peningkatannya, maka bisa disimpulkan bahwa metode TSTS lah yang lebih berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa ketimbang metode Konvensional. Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar siswa dengan metode TSTS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar; siswa; metode TSTS |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Naufal Maulana |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 01:12 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82149 |
Actions (login required)
View Item |