Penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada pembelajaran IPS di MI kelas IV : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas IV MI Al Ishlah

Ramdhani, Wilianti Mustika (2023) Penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone is a Teacher Here untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada pembelajaran IPS di MI kelas IV : Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas IV MI Al Ishlah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (ETH) lebih baik dari Strategi belajar ekspositori. Kelebihan ETH; 1) Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat menarik dan memusatkan perhatian, 2) Melatih daya pikir dan daya ingat, serta, 3) Mengembangkan keberanian dan keterampilan menyampaikan pendapat. Hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah H0: μ1 = μ2 Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Strategi belajar aktif tipe ETH dengan siswa yang menggunakan strategi belajar ekspositori H1: μ1 > μ2 Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi belajar ekspositori. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ini jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan independent t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian telah disimpulkan bahwa Hasil dari independent t-test menunjukan bahwa nilai t =5,547 dengan nilai signifikansi 1 pihak 0,000. Nilai Sig. (1-tailed) 0,000 < α = 0,05, maka H0 ditolak. Artinya, Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sebagaimana mengacu pada hipotesis yang telah dirumuskan, dapat diartikan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi belajar ekspositori

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Strategi Belajar Aktif
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wilianti Mustika Ramdhani
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:32
Last Modified: 15 Nov 2023 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82179

Actions (login required)

View Item View Item