Al-Rosyid, Muhammad Zulfa (2023) Character building melalui bimbingan Literasi Kitab Ta’lim al-Muta’allim : Penelitian di Madrasah Tsanawiah Satu Atap Bani Mahfud. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya membangun karakter melalui penerapan bimbingan literasi berbasis kitab Ta’lim al-Muta’allim di lingkungan MTs Bani Mahfud. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan bimbingan literasi berbasis membangun karakter siswa di lembaga pendidikan. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pendidik, pengambil kebijakan, dan praktisi pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral islami dalam pendekatan pembentukan karakter di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi bimbingan literasi menggunakan kitab Ta’lim al-Muta’allim dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan literasi berbasis kitab Ta’lim al-Muta’allim secara positif mempengaruhi pembentukan karakter siswa di MTs Bani Mahfud. Proses interaktif dalam memahami dan mendiskusikan konten kitab memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemahaman moral dan etika yang terkandung dalam teks tersebut, ditemukan beberapa tantangan dalam pelaksanaan bimbingan literasi ini, termasuk keterbatasan waktu, pemahaman awal siswa terhadap teks klasik, dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan individual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | character building; Bimbingan Literasi; Ta’lim al-Muta’allim; MTs SA Bani Mahfud; |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Muhammad Zulfa Al Rosyid |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 06:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 06:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82251 |
Actions (login required)
View Item |