Nurfadia, Aulia (2023) Kontribusi kepribadian Guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa : Penelitian di kelas VII MTs Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai kesenjangan antara karakter Islami siswa yang semestinya dengan karakter siswa pada kenyataannya. Salah satu penyebabnya karena kurangnya keteladanan yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan sekitar, sehingga siswa melakukan berbagai bentuk perilaku kurang terpuji yang tentunya tidak mencerminkan karakter Islami. Maka dari itu cerminan kepribadian guru, khususnya guru Akidah Akhlak dapat menjadi alternatif solusi dalam pembentukan karakter Islami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kepribadian guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung 2) Bagaimana kontribusi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada pembentukan karakter Islami siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa masalah karakter Islami seperti disiplin, tanggung jawab, motivasi belajar dan sebagainya ialah bersumber dari kepribadian guru. Dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2005 dan Standar Nasional Pendidikan, penjelasan pasal 28 ayat (3) butir b bahwa yang dimaksud dengan kompetensi kepribadian ialah kemampuan pribadi yang mantap, stabil, arif, wibawa, menjadi teladan bagi murid dan berakhlak mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepribadian guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter Islami siswa di MTs Negeri 2 Kota Bandung ialah kepribadian yang mantap dan stabil, dewasa, arif, wibawa, menjadi teladan bagi murid dan berakhlak mulia, 2) Kepribadian guru Akidah Akhlak berkontribusi dalam pembentukan karakter Islami siswa sebab segala perilaku dan perkataan yang tercermin dalam kehidupan sehari-harinya terutama dilingkungan madrasah akan menjadi contoh dan teladan bagi para siswa dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, 3) Faktor pendukung pembentukan karakter Islami siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Kota Bandung ialah lingkungan madrasah, sedangkan faktor penghambat nya ialah lingkungan luar, seperti teman sebaya, keluarga, dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi; Kepribadian; Guru Akidah Akhlak; Karakter Islami |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam > Islamic Leaders Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aulia Nurfadia |
Date Deposited: | 18 Nov 2023 01:03 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 01:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82335 |
Actions (login required)
View Item |