Fauziah, Hilma (2023) Peningkatan kemampuan Spasial dan Disposisi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Lightening The Learning Climate berbantuan Cabri 3D. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan spasial merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran terkhusus materi geometri, selain itu dibutuhkan disposisi matematis yang baik untuk menunjang pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan spasial dan disposisi matematis adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran lightening the learning climate (LLC) berbantuan aplikasi cabri 3D. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan spasial dan disposisi matematis melalui kooperatif tipe lightening the learning climate (LLC) berbantuan cabri 3D. penelitian ini dilakukan di kelas VIII salah satu MTs swasta di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII, sedangkan untuk sampelnya adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran siswa dan guru menggunakan strategi LLC berbantuan cabri 3D berada pada kategori baik sekali; 2) Peningkatan kemampuan spasial siswa yang menggunakan LLC berbantuan cabri 3D lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 3) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan spasial antara siswa yang menggunakan LLC berbantuan cabri 3D dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM tinggi, sedang,dan rendah; 4) Disposisi matematis siswa umumnya menunjukkan sifat positif dan berkategori kuat, hal ini berarti siswa memiliki disposisi matematis yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Spasial; Disposisi Matematis; Lightening The Learning Climate; Cabri 3D |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hilma Fauziah |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 03:50 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82367 |
Actions (login required)
View Item |