Penerapan Virtual Lab Olabs melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Getaran Harmonis

Marhamah, Arroyyan Yoma (2023) Penerapan Virtual Lab Olabs melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Getaran Harmonis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar pada materi getaran harmonis di kelas eksperimen (X MIPA 3) dan kelas kontrol (X MIPA 2) di SMA Mekar Arum. Keterlaksanaan pembelajaran diamati oleh observer dengan Lembar Observasi (LO) yang sudah dipersiapkan sebekumnya. Sementara untuk hasil belajar peserta didik diambil dari data pretest dan posttest untuk mengukur kognitif, dan lembar observasi untuk mengukur psikomotor dan afketif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen sebesar 83.99 dengan kategori sangat baik, dan kelas kontrol sebesar 78.24 dengan kategori sangat baik. Untuk menguji hipotesis telah dilakukan pengolahan data dengan uji paired sample t test yang memperoleh hasil 0.000<0.005, sehingga dapat disimpulkan terddapat peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi virtual lab Olabs dan kelas kontrol dengan meggunakan real lab media sederhana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Virtual lab olabs; Model Kooperatif tipe STAD; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Arroyyan Yoma Marhamah
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:18
Last Modified: 12 Dec 2023 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83052

Actions (login required)

View Item View Item