Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu Educandy terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati

Rahayu, Dewi (2023) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu Educandy terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISII.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB III)
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pengimplementasian sintak model Discovery Learning dan penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan belajar kurang termotivasi sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen semu, dalam penelitian ini sampel dikumpulkan dengan non- equivalent control group design terdapat 72 siswa terbagi menjadi 2 kelas yaitu. X Mia 1 dan kelas X Mia 4 SMA Muhamadiyah 4 Kota Bandung . Data yang digunakan berupa data primer dengan instrumen penelitian, lembar observasi guru dan siswa, pretest-posttest dan angket. Menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 100% sedangkan pada siswa 95% dengan kategori sangat baik. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (0,03) < 0,05 dalam pembelajaran model Discovery Learning berbantu aplikasi Educandy pada materi Keanekaragaman Hayati. Respon siswa terhadap 3 indikator pertanyaan angket memperoleh keseluruhan rata-rata dengan nilai 78% dengan kategori Cukup. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran Model Discovery Learning berbantu aplikasi educandy terhadap peningkatan hasil belajar pada materi Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Educandy ; Kognitif ; keanekaragamn hayati
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dewi Dewi
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:50
Last Modified: 27 Dec 2023 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83525

Actions (login required)

View Item View Item