Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap ilusi harga sebagai strategi pemasaran dalam penjualan buah di Kecamatan Panyileukan

Yulianingsih, Yulianingsih (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap ilusi harga sebagai strategi pemasaran dalam penjualan buah di Kecamatan Panyileukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

Ilusi harga merupakan strategi pemasaran dalam jual beli yang dilakukan pedagang dengan memanfaatkan persepsi pembeli untuk menarik minat beli. Pedagang menampilkan harga yang terkesan murah sebagai informasi awal yang diketahui pembeli. Ketidaksesuai antara informasi harga yang ditampilkan dengan produk yang dimaksud mengakibatkan pembeli mengalami bias psikologi berupa ilusi harga sehingga menimbulkan dorongan untuk melakukan pembelian. Dalam praktiknya ilusi harga dapat menimbulkan unsur tipu daya, kekecewaan, kesalahpahaman dan dapat mereduksi prinsip antaradhin. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik ilusi harga sebagai strategi pemasaran dalam penjualan buah di Kecamatan Panyileukan dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap ilusi harga sebagai strategi pemasaran dalam jual beli. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa praktik ilusi harga sebagai bias psikologi pembeli yang timbul dan dimanfaatkan pendagang untuk menarik minat pembeli dalam jual beli apakah sesuai dengan tinjauan hukum ekonomi syariah atau tidak. Hal ini dapat dilihat berdasarkan ketentuan hukum Islam tentang syarat dan rukun jual beli, strategi pemasaran dalam Islam, kaidah fiqih, nash Alquran dan Hadits. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif yang bersumber dari data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara secara langsung kepada pedagang buah dan pembeli. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Data primer berupa hasil observasi dan wawancara secara langsung dijadikan sebagai data utama yang nantinya dianalisis bersama dengan data pendukung melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai dapat ditarik kesimpulan yang nantinya dituangkan dalam bentuk uraian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa, (1) Pedagang buah di Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Panyileukan menampilkan banderol harga murah yang dipasang dengan tujuan menarik minat pembeli. Hal ini menimbulkan sebuah ilusi terhadap harga bagi pembeli dan mendorong pembeli melakukan pembelian. (2) Berdasarkan tinjauan hukum ekonomi syariah, ilusi harga dalam jual beli ini tidak memengaruhi rukun dan syarat jual beli sehingga jual beli yang dilakukan hukumnya sah. Ilusi harga terjadi pada pra akad jual beli dimana pembeli memiliki hak pilih (khiyar) untuk melanjutkan jual beli atau tidak. Selain itu adanya prinsip suka sama suka atau saling ridho menjadi prinsip dalam jual beli ini. Jika pembeli setuju dengan jenis buah dan harga yang tertera dibanderol maka dapat dilakukan akad jual beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Ilusi Harga; Jual Beli Buah; Strategi Pemasaran
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Yulianingsih Yulianingsih
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:46
Last Modified: 05 Jan 2024 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83802

Actions (login required)

View Item View Item