Nilai-nilai pendidikan dalam kaidah-kaidah ilmu Nahwu : Analisis deskriptif dalam kitab Al-Futuhaat Al-Quddusiyaah Bisyarhi Muqoddimah Al-Ajurumiyah

Nurhidayat, Nurhidayat (2023) Nilai-nilai pendidikan dalam kaidah-kaidah ilmu Nahwu : Analisis deskriptif dalam kitab Al-Futuhaat Al-Quddusiyaah Bisyarhi Muqoddimah Al-Ajurumiyah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Ahli bahasa dari abad klasik hingga modern bekerja keras untuk meneliti ilmu tata bahasa, hingga banyak buku tentang ilmu ini muncul di hadapan kita. Salah satu kitab terkenal yang dianggap sebagai referensi bagi pelajar bahasa Arab pemula adalah Matn al-Ajārūmīyah yang ditulis oleh seorang ahli bahasa asal Maroko, Muhammad ibn Muhammad ibn Daoud al-Senhaji, pada abad ke-7 H/13 M. Buku ini terdiri dari 27 bab yang berisi prinsip�prinsip dasar tata bahasa dengan penjelasan sederhana disertai contoh-contoh yang mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kaidah tata bahasa yang terdapat dalam kitab penaklukan Quddusiyya menjelaskan pengantar Ajrumiyya, dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya, dan untuk mengetahui keterkaitan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab Al-Futtuhaat al-Quddusiyya untuk menjelaskan pengenalan kurikulum Ajrumiyyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motif, tindakan, dan lain-lain, secara holistik, dan melalui deskripsi berupa kata-kata dan bahasa dalam alam tertentu. Setelah peneliti meneliti nilai-nilai pendidikan dalam kitab al-Futuhaat al-Quddus setidaknya peneliti menemukan point-pount sebagai berikut: 1) kaidah gramatikal dalam buku penaklukan Quddusiyyah menjelaskan pengantar Ajrumiyyah: ucapan, nama, kata kerja, huruf, ungkapan, angkat , monumen, penegasan, damma, reduksi, mansoubat, lift, lift, pemula dan berita, subjek, efek, penyalin, was and sisters, participle, konjungsi, penekanan, tunjangan, keadaan, muthana,panggilan, diskriminasi, dan negasi seks, Situasinya, sumbernya, efeknya, dan efeknya. 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang tertuang dalam kitab penaklukan Quddusiyyah menjelaskan pengantar ajrumiyyah ada tiga: keimanan, perbuatan sosial, perbuatan moral. 3) Hubungan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kitab al-Futuhaat al-Quddusiyah bisyarhi Muqoddimah al-Ajurumiyah pengantar kurikulum 2013, nilai-nilai keimanan sehingga termasuk nilai-nilai sosial yang bersifat praktis dengan sesama, seperti mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan kepedulian (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai, santun, tanggap, mendukung kegiatan dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari pemecahan masalah). Untuk berbeda dalam interaksi yang efektif dengan lingkungan sosial dan alam dan dalam memposisikan diri sebagai cerminan bangsa dalam hubungan dunia. Nilai moral merupakan proses kognitif yang membentuk akhlak mulia. Sebagai bentuk Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural di lapangan studi ditentukan oleh bakat dan minat mereka untuk memecahkan masalah. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam bidang dunia konkret dan dunia abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan kemampuan menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan; Ilmu Nahwu; kitab Al-Futuhaat Al-Quddusiyaah Bisyarhi Muqoddimah Al-Ajurumiyah
Subjects: Arabic
Psychology > Education of Psychology
Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur Hidayat dayat
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:47
Last Modified: 08 Jan 2024 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83886

Actions (login required)

View Item View Item