Reza, Reza (2023) Manajemen pondok pesantren dalam pengembangan penghafal Qur'an : Studi Deskriptif Pada Pondok Pesantren Qur’an Boarding School (PQBS) Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (CAVER)
cover reza 15 januari.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
reza-BAB I 15 januari.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
REZA-BAB II 15 januari.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (BAB III)
REZA-BAB III 15 januari.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
Abstract
Manajemen adalah suatu sistem yang setiap komponennya menampilkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan. Pendidikan Islam merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia dalam lembaganya. Manusia belajar, berarti rangkaian kegiatan menuju pendewasaan guna mencapai kehidupan yang lebih berarti. Pondok pesantren merupakan instansi pendidikan islam yang memberikan pembelajaran berkaitan pada ilmu agama islam, moral, dan lain-lain. Seperti halnya Pesantren Pondok Qur’an Boarding School (PQBS) Bandung ini di bentuk dari sebuah motivasi dan dorongan dari orang-orang sekitarnya. Akan tetapi, hal tersebut tercoreng dengan pengembangan para penghafal Al-Qur’an yang tidak terlepas pada skema yang diterapkan dari pondok pesantren dalam mengembangkan kualitas para penghafal Al-Qur’an. Yang dimana hal itu sebagai suatu tolak ukur kesuksesan serta kesanggupan pesantren ketika melaksanakan dan megembangkan wewenang bahkan kegunannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pondok pesantren dalam pengembangan para penghafal qur’an. Konsep teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Manajemen menurut G.R. Terry yang menjelaskan bahwa manajemen adalah sutau identitas terhadap perilaku-perilaku persiapan, pengelolahan, penerapan, serta pengontrolan dalam menetapkan bahakan mewujudkan visi dengan memanfaatkan SDM serta sumber daya yang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi yang dibutuhkan di Pondok Qur’an Boarding School (PQBS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pondok pesantren dalam pengembangan para penghafal qur’an meliputi diantaranya. Pertama, perencanaan yang di gunakan oleh pondok pesantren (PQBS) yaitu klasifikasi kelas tahfidz, membentuk sistem pembelajaran hafalan santri, dan mengadakan evaluasi pengembangan hafalan santri setiap semester. Kedua, pengorganisasin di pondok pesantren yaitu menempatkan pembina atau guru berdasarkan bidangnya. Ketiga, dalam pelaksanaannya pondok pesantren mempunyai jadwal yang telah disusun sedemikian rupa agar target yang sudah ada bisa tercapai dalam pelaksanaannya. Keempat, pengawasan di pondok pesantren yakni secara melaksanakan diskusi rutinan tiap bulannya agar melihat bagaimana pertumbuhan serta perkembangan santri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; Manajemen; Pengembangan |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Reza Reza |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84130 |
Actions (login required)
View Item |