Manajemen supervisi akademik dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMP : Penelitian di SMP Negeri 3 Cileunyi Kabupaten Bandung

Hermawan, Dadang (2023) Manajemen supervisi akademik dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMP : Penelitian di SMP Negeri 3 Cileunyi Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pengembangan profesionalisme guru perlu sebuah program supervisi yang terukur sehingga bisa menghasilkan guru yang mempunyai kompetensi sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam undang-undang guru dan dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara Implementasi Supervisi Akademik dapat meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 3 Cileunyi, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menerapkan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMPN 3 Cileunyi, Kabupaten Bandung. Metode pengumpulan data melibatkan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala SMPN 3 secara menyeluruh terlibat dalam implementasi supervisi akademik, mulai dari perencanaan program hingga evaluasi. Kepala sekolah menerapkan teknik supervisi akademik secara individual melalui kunjungan kelas atau observasi kelas, serta secara kelompok. Evaluasi terhadap kegiatan supervisi akademik dilakukan melalui penilaian kinerja guru untuk menilai sejauh mana peningkatan kinerja tersebut. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah menghadapi hambatan, khususnya terkait kesadaran guru dalam merancang RPP pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik; profesionalisme guru.
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dadang hermawan
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:58
Last Modified: 23 Jan 2024 02:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84220

Actions (login required)

View Item View Item