Implementasi pasal 7 ayat 1 Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas di Dinas Sosial Kota Bandung Perspektif Siyasah Dusturiyah

Hijaz, Nurul Shopiatul (2023) Implementasi pasal 7 ayat 1 Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2019 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas di Dinas Sosial Kota Bandung Perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penyandang disabilitas membutuhkan perlindungan dan kehadiran pemerintah dikarenakan masih banyak yang belum terpenuhi hak-haknya dari 4200 jiwa disabilitas yang ada di Kota Bandung .dengan kasus pelecehan seksual penyandang disabilitas pada tahun 2018 berjumlah 89 kasus, pada tahun 2020 berjumlah 77 kasus dengan kasus yang paling banyak yakni Kekerasan seksual sebesar 42%.Untuk itu pemerintah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas di Dinas Sosial Kota Bandung Perspektif Siyasah Dusturiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, Implementasi Pasal 7 Ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2019 di Dinas Sosial Kota Bandung. Kedua, Kebijakan Dinas Sosial Kota Bandung Terhadap Implementasi Pasal 7 Ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2019. Ketiga, Tinjauan Siyasah Dusturiyah Terhadap Implementasi Pasal 7 Ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas di Kota Bandung. Dalam penelitian ini peneliti mengambil beberapa teori, yaitu: teori kebijakan pubkik, teori perlindungan hukum, dan teori kemaslahatan dalam siyasah dusturiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kemudian disajikan secara kualitatif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Sumber data primer diperoleh dari hasil wanwancara dan observasi. Kemudian untuk sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, skripsi, tesis, internet dan dokumen lainya yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Pasal 7 Ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2019 Di Dinas Sosial Kota Bandung sudah dilakukan dengan baik, akan tetapi belum maksimal dikarenakan kurangnya informasi tentang layanan kepada para disabilitas dan keterbatasan disabilitas dalam mengakses pelayanan dinas sosial. Kedua, Kebijakan Dinas Sosial Kota Bandung terhadap Implementasi Peraturan Daerah ini yaitu dengan melakukan asesmen, bantuan sosial, dan bimbingan sosial. Ketiga, Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi dan kebijakan yang dilakukan Dinas Sosial berkaitan dengan Peraturan Daerah sudah berdasarkan prinsip-prinsip Siyasah Dusturiyah untuk menciptakan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah; Disabilitas; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Knowledge
Knowledge > Humanities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Nurul Shopiatul Hijaz
Date Deposited: 05 Feb 2024 00:47
Last Modified: 05 Feb 2024 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84671

Actions (login required)

View Item View Item