Rusydah, Fathna Sabila (2023) Pengembangan Games Crudeolway berorientasi Literasi Kimia pada proses pembentukan dan pemisahan minyak bumi menggunakan Storyline Articulate 3.0. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak - Fathna Sabila Rusydah.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi - Fathna Sabila Rusydah.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1 - Fathna Sabila Rusydah.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II Fathna Sabila Rusydah.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III Fathna Sabila Rusydah.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV Fathna Sabila Rusydah.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V Fathna Sabila Rusydah.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Fathna Sabila Rusydah.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan kimia memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan siswa. Proses pembentukan dan pemisahan minyak bumi menjadi topik yang kompleks namun esensial dalam kurikulum kimia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripaikan tampilan setiap tahapan penggunaan, menganalisis hasil validasi, dan menganalisis hasil uji kelayakan pada games Crudeolway. Penelitian ini menggunakan metode Desain Based Research (DBR) dengan model pendekatan ADDIE hingga tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa games Crudeolway, menyajikan video stimulus dan empat sub-materi sebagai misi dengan beragam jenis soal. Setiap sub-materi mencakup aspek literasi kimia, yakni konteks, konten, proses, dan sikap. Final test dengan 10 soal pilihan ganda menguji pemahaman keseluruhan materi. Uji validasi melibatkan ahli materi dan ahli media dengan hasil keseluruhan tingkat validitas 0,88, sementara uji kelayakan melibatkan responden dengan nilai rata-rata 92%. Dengan hasil tersebut, Crudeolway dianggap layak sebagai media pembelajaran. Rekomendasi termasuk publikasi di Google Play Store, penyertaan kontak pengembang, pengembangan versi web, dan penerapan di kelas untuk mengukur efektivitasnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Games edukasi; Literasi kimia; Desaign Based Research (DBR); Minyak Bumi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sabila Rusydah Fathna |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 07:37 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85051 |
Actions (login required)
View Item |