Pengembangan kemampuan interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kamil Kota Depok

Falihah, Khansa (2023) Pengembangan kemampuan interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Kamil Kota Depok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Interaksi sosial menjadi satu faktor penting dalam membangun kehidupan bermasyarakat. Setiap individu memerlukan interaksi sebagai penunjang kebutuhan sosial, tetapi beberapa orang tidak mampu melakukan interaksi secara sempurna karena adanya hambatan dalam berkomunikasi dimana salah satu yang termasuk didalamnya adalah anak berkebutuhan khusus (ABK). Tidak jarang karena hambatannya ini kemudian dapat menyebabkan terjadinya permasalahan bagi ABK terlebih lagi mereka yang bersekolah di sekolah inklusi karena tidak semua mampu menerima perbedaan cara berinteraksi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan interaksi sosial ABK di SDIT Al-Kamil Kota Depok, kendala dalam berinteraksi yang dialami oleh ABK di SDIT Al-Kamil Kota Depok, dukungan yang diberikan oleh lingkungan sosial ABK, dan bagaimana pengembangan kemampuan interaksi sosial ABK di SDIT Al-Kamil Kota Depok. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead. Teori ini menekankan penggunaan simbol yang memilki makna atau komunikasi dalam berinteraksi. Dua inti teori ini adalah proses interaksi membentuk kehidupan bermasyarakat dan penggunaan simbol dalam kehidupan sehari-hari yang dipahami melalui proses belajar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data yang didapatkan berasal dari data primer (hasil wawancara bersama informan) dan sekunder (bahan bacaan atau data pustaka seperti buku dan jurnal). Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan kajian pustaka. Sedangkan untuk teknik analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan interaksi sosial yang berbeda-beda tergantung jenis atau gangguan yang dimilikinya. Beberapa ABK masih mampu melakukan interaksi tetapi yang lainnya belum bisa berinteraksi dengan orang lain yang baru ditemui. Kendala interaksi yang dialami sebagian besar ABK adalah gangguan komunikasi sehingga menghambat interaksinya dan dapat menyebabkan permasalahan jika terjadi kesalahpahaman. Dukungan yang diberikan oleh lingkungan sosial ABK memiliki beragam bentuk. Pengembangan ABK di SDIT Al-Kamil tidak luput dari kontribusi sekolah, penyelesaian permasalahan interaksi sosial ABK yang terjadi, respon wali murid reguler, dan hasil pengembangannya itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan;Kemampuan Interaksi Sosial; Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Khansa Falihah
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:21
Last Modified: 29 Feb 2024 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85184

Actions (login required)

View Item View Item