Penerapan model pembelajaran Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum impuls

Fathir, Muhammad (2024) Penerapan model pembelajaran Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum impuls di kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7 SMA Negeri 6 Garut. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan menggunakan metode penilaian Lembar Observasi (LO) yang diamati oleh observer, sementara peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diukur dengan peningkatan skor N-gain. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 72 peserta didik, dengan masi ng-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) dinilai sangat efektif. Rata-rata persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen mencapai 87,79%, yang dapat dikategorikan sebagai “sangat baik”, sedangkan di kelas kontrol sebesar 84,48%, yang termasuk dalam kategori “baik”. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, diukur dengan skor N-gain 0,65 (interpretasi sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,64 (interpretasi sedang) untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan ujit t independent sample test dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai t hitung (0,70) < t tabel (1,99), Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam keterampilan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran dengan menggunakan model Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) dan Discovery Learning pada materi momentum impuls

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reading, Mindmapping, Sharing (RMS); Momentum Impuls; berpikir kritis;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Fathir
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:54
Last Modified: 05 Mar 2024 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85303

Actions (login required)

View Item View Item