Fathir, Muhammad (2024) Penerapan model pembelajaran Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan aspek keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum impuls di kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7 SMA Negeri 6 Garut. Keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan menggunakan metode penilaian Lembar Observasi (LO) yang diamati oleh observer, sementara peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diukur dengan peningkatan skor N-gain. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 72 peserta didik, dengan masi ng-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) dinilai sangat efektif. Rata-rata persentase keterlaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen mencapai 87,79%, yang dapat dikategorikan sebagai “sangat baik”, sedangkan di kelas kontrol sebesar 84,48%, yang termasuk dalam kategori “baik”. Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, diukur dengan skor N-gain 0,65 (interpretasi sedang) untuk kelas eksperimen dan 0,64 (interpretasi sedang) untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan ujit t independent sample test dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai t hitung (0,70) < t tabel (1,99), Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam keterampilan berpikir kritis peserta didik antara pembelajaran dengan menggunakan model Reading, Mindmapping, Sharing (RMS) dan Discovery Learning pada materi momentum impuls
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading, Mindmapping, Sharing (RMS); Momentum Impuls; berpikir kritis; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Fathir |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 02:54 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 02:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85303 |
Actions (login required)
View Item |