Peran syukur dalam pemaknaan hidup: Studi deskriptif kualitatif di Komunitas Actual Self Resources Indonesia

Rachmawati, Musfiroh (2025) Peran syukur dalam pemaknaan hidup: Studi deskriptif kualitatif di Komunitas Actual Self Resources Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Generasi Z adalah generasi yang lahir dan tumbuh di tengah kemajuan teknologi dan arus informasi yang cepat memberikan kemudahan kepada mereka dalam mengakses informasi secara cepat dalam waktu yang relatif singkat, hal ini berpengaruh pada nilai-nilai, pandangan dan tujuan hidup mereka, adapun masalah kondisi kesehatan mental yang terjadi pada mereka yaitu seperti mengalami kehampaaan dalam hidup, bingung terhadap masa depan dan kehilangan tujuan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran syukur dalam pemaknaan hidup pada anggota komunitas Actual Self Resources (ASR) Indonesia yang merupakan komunitas pengembangan diri berbasis digital. Syukur pada penelitian ini merujuk pada teori syukur dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali sedangkan pemaknaan hidup pada penelitian ini merujuk pada teori logoterapi Victor Emilie Frankl yang dikembangkan dalam buku Logoterapi karya Hanna Djumhana Bastaman tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi melalui observasi secara online, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Sampel pada penelitian ini berjumlah enam orang dengan rentang usia 18-26 tahun. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran syukur pada masing-masing informan beragam, bergantung dari latar belakang dan pengalaman yang berbeda hal ini terlihat pada aspek yang mendominasinya. Pada informan AS dan LB dominan pada aspek amal (عمل ), sedangkan pada informan AS dan LA dominan pada aspek keadaan (حال ), sementara itu pada informan MRS dan T dominan pada aspek ilmu (علم ). Gambaran makna hidup pada setiap informan bervariasi terlihat pada sumber makna hidup yang dominan. Pada informan AS dan LB dominan pada nilai-nilai kreatif, pada informan ASF dominan pada nilai-nilai penghayatan, sedangkan pada informan MRS dan T dominan pada nilai-nilai bersikap, dan informan LA dominan pada nilai-nilai harapan. Syukur memiliki peran positif dalam menemukan makna hidup pada anggota komunitas Actual Self Resources (ASR) syukur mendorong informan AS, ASF, LB, MRS, T dan LA untuk menerima keadaan yang terjadi, mengambil sikap positif dan menciptakan tindakan yang konstruktif serta melibatkan dimensi spiritual yang merupakan bagian dari implementasi syukur sebagai jalan untuk mencapai hidup bermakna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: syukur;komunitas ASR;makna hidup
Subjects: Psychology
Applied Psychology
Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Musfiroh Rachmawati
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:37
Last Modified: 19 Aug 2025 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85321

Actions (login required)

View Item View Item