Strategi pemasaran produk gadai emas di Perum Pegadaian Syariah Unit Rancaekek Bandung

Sumyati, Yeti (2012) Strategi pemasaran produk gadai emas di Perum Pegadaian Syariah Unit Rancaekek Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract

Pegadaian Syari'ah merupakan lembaga keuangan non-bank yang kegiatannya bergerak dibidang jasa dan menyalurkan kredit kepada masyarakat dengan hukum gadai (rahn) Pegadaian Syari'ah menyediakan pinjaman dengan prosedur sederhana, syarat mudah dan proses cepat, dibandngkan dengan lembaga-lembaga lainnya. Sehingga inilah yang menjadi daya tarik masyarakat kepada lembaga Pegadaian Syari'ah. Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui prosedur pembiayaan produk gadai emas serta untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk gadai emas di Pegadaran Syari'ah Unit Rancaekek Bandung. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan pada penjabaran masalah yang sedang dihadapi yang berkenaan dengan objek yang diteliti. Metode ini bermaksud untuk menggambarkan, menjelaskan dan memaparkan kondisi objektf penelitian pada lembaga yang terkait. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan data, kemudian membaca buku-buku dan mempelajarinya untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian. Selain itu, penulis juga mendapatkan data yang lebih lengkap dengan cara melakukan observasi langsung ke lokasi penelitian dan melakukan wawancara langsung dengan pihak Pegadaian. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa prosedur pembiayaan gadai emas dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mulai dari prosedur pemberian pinjaman sampai dengan prosedur pelunasan pinjaman. Adapun strategi yang diterapkan oleh Pegadaian Syari'ah Unit Rancaekek dengan menggunakan konsep bauran pemasaran yaitu produk, tempat, harga dan promosi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran produk gadai emas di Pegadaian Syari'ah Unit Rancaekek telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Pegadaian syariah, sehingga produk gadai emas merupakan produk yang paling unggul dibandingkan dengan produk yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemasaran; pegadaian; syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Fiduciary Accounting
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Robby Nur Hidayat
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:16
Last Modified: 04 Jul 2024 04:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85337

Actions (login required)

View Item View Item