Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam meningkatkan pelayanan Umrah dan Haji khusus : Studi deskriptif PT. Cahaya Raudhah Kabupaten Subang

Maulana, Dicky (2023) Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam meningkatkan pelayanan Umrah dan Haji khusus : Studi deskriptif PT. Cahaya Raudhah Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan kerangka kerja yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola, mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi yang relevan untuk mendukung kegiatan operasional, memberikan informasi kepada manajemen dan proses pengambilan keputusan. PT. Cahaya Raudhah merupakan biro perjalanan umroh yang telah menerapkan sistem informasi manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana implementasi sistem informasi manajemen di PT. Cahaya Raudhah untuk meningkatkan pelayanan terhadap para calon Jemaah umroh, kegiatan operasional berbasis sistem informasi, memberikan informasi kepada manajemen berbasis sistem informasi, dan cara pengambilan keputusan berbasis sistem informasi manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipasi pasif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi sistem informasi manajemen yang dilakukan oleh PT. Cahaya Raudhah sudah memiliki sistem informasi tersendiri. Pada kegiatan operasionalnya agar keefektifan sistem informasi melalui tiga proses yaitu proses transaksi, proses laporan dan proses pemeriksaan. Pada kegiatan memberikan informasi kepada manajemen berbasis sistem informasi melalui pengendalian manajemen dan perencanaan strategi. Pada pengemabilan keputusan berbasis sistem informasi menggunakan tiga proses yaitu intelegensi, perancangan, dan pemilihan. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa PT. Cahaya Raudhah melakukan implementasi Sistem informasi manajemen dengan optimal. Hasil penelitian ini akan menjadi acuan dan referensi untuk meningkatkan SIM pada Perusahaan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan umroh dan haji khusus PT. Cahaya Raudhah Subang telah meningkatkan dalam segi sistem yang dapat mempermudah akses costumer dalam mendaftar umroh atau haji khusus. Dalam kegiatan operasionalnya berjalan efisisen dengan menggunakan tiga proses yaitu transaksi, laporan, dan pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen; Pelayanan; Operasional; Biro perjalanan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Umrah
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Dicky Maulana maulana
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:14
Last Modified: 22 Mar 2024 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85695

Actions (login required)

View Item View Item