Pelaksanaan akad musyarakah mutanaqishah pada pemilikan property untuk perusahaan perseroan terbatas di Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Dago Bandung

Arisvian, Muhammad Risvan (2014) Pelaksanaan akad musyarakah mutanaqishah pada pemilikan property untuk perusahaan perseroan terbatas di Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Dago Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank Muamalat Indonesia sebagai salah satu bank yang berbasis syariah mempunyai produk kerjasama dengan perusahaan dalam hal pembayaan hunian bisnis syariah dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqisah. Namun dalam pelaksanaannya, Bank Muamalat Indonesia telah menetapkan ekspektasi keuntungan di awal akad yang memungkinkan adanya riba didalamnya, dan kerugian yang mungkin muncul hanya di tanggung oleh nasabah padahal dalam tinjauan Fatwa DSN MUI No 73/DSN-MUI/IX/2008 tentang musyarakah mutanaqisah kerugian ditanggung bersama sesua dengan proporsi modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pemilikan property untuk perusahaan Perseroan Terbatas di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Dago Bandung, selain itu juga mengetahui penerapan rukun dan syarat akad dalam pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah dan mengetahu penetapan ekspektasi keuntungan yang diharapkan juga kerugian yang mungkin terjadi oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Dago Bandung. Efek yang timbul dari akad musyarakah mutanaqisah adalah adanya keuntungan dan kerugian yang di bagi sesuai dengan proporsi modal masing­masing pihak. Adanya ekspektasi keuntungan (yield) yang ditentukan diawal akad oleh Bank Muamalat Indonesia, memungkinkan adanya riba yang dilarang dalam Islam, dan kerugian yang ditanggung hanya oleh nasabah memungkinkan adanya salah satu pihak yang dirugikan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana penulis berusaha menggambarkan pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pemilikan property untuk perusahaan Perseroan Terbatas di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Dago Bandung dengan menggunakan teknik wawancara, pengumpulan data-data, dan studi pustaka batik dan literatur maupun dan internet. Melalui penelitian ini, penulis menyimpulkan: Pertama, pelaksanaan akad musyarakah mutanaqisah pada pemilikan property untuk perusahaan Perseroan Terbatas di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Dago Bandung telah sesuai dengan tinjauan rukun dan syarat akad. Kedua, penentuan yield hanya meramalkan keinginan dari bank syariah untuk mendapatkan keuntungan dari bagi hasil yang ddapatkan dari sewa dan petentuan kerugian di Bank Muamalat Indonesia bertolak belakang dengan petentuan kerugian dalam Fatwa DSN MUI Nomor 73/DSN-MUI/IX/2008.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: musyarakah mutanaqisah; bank syariah; property
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banking Services
Private Law > Property
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Robby Nur Hidayat
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:27
Last Modified: 02 Jul 2024 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85918

Actions (login required)

View Item View Item