Pangsuma, Inganah Sholehah (2024) Manajemen mutu pendidik Madrasah : Penelitian di MTsN 2 dan MTs As-Salaam Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI INGANAH .pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan mutu merupakan sasaran pembangunan dalam bidang pendidikan. Dalam realitanya terjadinya degradasi moral dan adanya globalisasi yang menyebabkan menurunya prestasi dan karakteristik prestasi didik membuktikan bahwa pendidikan belum mampu menangani sepenuhnya permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan. Dalam penelitian Lestari Eko, menurut PISA 2018 secara internasional menempatkan indonesia di peringkat 72 dari 79 negara yang bergabung pada Organisation For Economic Co-Operation And Development dan Indonesia pada hasil TIMSS 2015, menempati peringkat 44 dari 49 negara untuk matematika dan peringkat 44 dari 47 negara dalam bidang seni. Berdasarkan data tersebut memaparkan bahwa rendahnya prestasi peserta didik pada kualitas Pendidikan Indonesia rendah, sehingga peranan pendidik yang berkompeten masih sangat dibutuhkan dan masih perlu ditinngkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajeman mutu pendidik madrasah yang ada di MTsN 2 Kota Bandung dan MTs As-Salaam menggunakan teori deming PDCA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemanmutu pendidik di MTsN 2 Kota Bandung dan MTs As-Salaam meliputi perencanaan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan program, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tersebut yaitu In House Training, MGMP, workshop, seminar pendidikan, dan bimbingan teknis yang jadwalnya berbeda-beda. Pengawasan dengan pemantauan, supervise, dan evaluasi serta tindak lanjut dengan cara memberikan dorongan atau penguatan terhadap guru-guru berupa motivasi dan apresiasi, memberikan teguran yang bersifat mendidik dan mengikutkan guru-guru dalam kegiatan pelatihan dan pendidikan sebagai tindakan korektif atau tindaklanjut dari hasil evaluasi kinerja guru untuk meningkatkan mutu guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pendidik; Teori Mutu Deming; Profesionalitas Guru; |
Subjects: | Customs of People > Organization and Management General Management > Education, Research of Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sholehah Pangsuma Inganah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:14 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86602 |
Actions (login required)
View Item |