Manajemen mutu pendidik Madrasah : Penelitian di MTsN 2 dan MTs As-Salaam Kota Bandung

Pangsuma, Inganah Sholehah (2024) Manajemen mutu pendidik Madrasah : Penelitian di MTsN 2 dan MTs As-Salaam Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI INGANAH .pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan mutu merupakan sasaran pembangunan dalam bidang pendidikan. Dalam realitanya terjadinya degradasi moral dan adanya globalisasi yang menyebabkan menurunya prestasi dan karakteristik prestasi didik membuktikan bahwa pendidikan belum mampu menangani sepenuhnya permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan. Dalam penelitian Lestari Eko, menurut PISA 2018 secara internasional menempatkan indonesia di peringkat 72 dari 79 negara yang bergabung pada Organisation For Economic Co-Operation And Development dan Indonesia pada hasil TIMSS 2015, menempati peringkat 44 dari 49 negara untuk matematika dan peringkat 44 dari 47 negara dalam bidang seni. Berdasarkan data tersebut memaparkan bahwa rendahnya prestasi peserta didik pada kualitas Pendidikan Indonesia rendah, sehingga peranan pendidik yang berkompeten masih sangat dibutuhkan dan masih perlu ditinngkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajeman mutu pendidik madrasah yang ada di MTsN 2 Kota Bandung dan MTs As-Salaam menggunakan teori deming PDCA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemanmutu pendidik di MTsN 2 Kota Bandung dan MTs As-Salaam meliputi perencanaan menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan program, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tersebut yaitu In House Training, MGMP, workshop, seminar pendidikan, dan bimbingan teknis yang jadwalnya berbeda-beda. Pengawasan dengan pemantauan, supervise, dan evaluasi serta tindak lanjut dengan cara memberikan dorongan atau penguatan terhadap guru-guru berupa motivasi dan apresiasi, memberikan teguran yang bersifat mendidik dan mengikutkan guru-guru dalam kegiatan pelatihan dan pendidikan sebagai tindakan korektif atau tindaklanjut dari hasil evaluasi kinerja guru untuk meningkatkan mutu guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidik; Teori Mutu Deming; Profesionalitas Guru;
Subjects: Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sholehah Pangsuma Inganah
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:14
Last Modified: 30 Apr 2024 07:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86602

Actions (login required)

View Item View Item